Home Teknologi Gadget Samsung Mulai Gunakan Jaringan 6G, Kecepatan 50 Kali 5G

Samsung Mulai Gunakan Jaringan 6G, Kecepatan 50 Kali 5G

TELENEWS.ID – Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, nampaknya sudah tidak sabar untuk meningkatkan kecepatan penggunaan internet pada perangkat terbarunya. Alih-alih menyempurnakan penggunaan 5G yang baru akan digunakan seluruh negara di dunia, Samsung sudah mulai merambah ke jaringan internet ke depan, jaringan 6G.

Bukan hanya menemukan penggunaan jaringan JG, Samsung bahkan sudah melakukan uji prototype pada beberapa perangkat terbarunya terkait dengan penggunaan jaringan 6G. Dimana nantinya jaringan internet ini akan menggunakan spektrum frekuensi Terahertz (THz) dimana masuk dalam frekuensi 120 Ghz.

Ini memang bukan hal mendadak yang dilakukan Samsung, hal ini sudah masuk dalam visi perusahaan di tahun 2020 lalu untuk melakukan penelitian terkait jaringan 6G. Hal ini diungkapkan oleh VP Samsung Research, Sunghyun Choi.

“Demonstrasi ini dapat menjadi tonggak utama dalam mengeksplorasi kelayakan penggunaan spectrum THz untuk komunikasi nirkabel 6G” ujar Sungkyun yang dilansir dari Samsung Newsroom pada Jumat (18/06/2021).

Bahkan dalam uji coba ini memberikan hasil yang cukup menegangkan, karena prototype jaringan 6G mampu menghasilkan kecepatan real time untuk download mencapai 6,2 Gbps, ini dilakukan dengan jarak 15 meter.

Samsung sendiri sudah lebih dahulu mempublikasikan hal ini dalam ajang konferensi komunikasi internasional (IDD) IEEE 2021 yang kali ini digelar bersama University of California, Santa Barbara (UCSB).

Pemilihan frekuensi THz memang jadi prioritas utama untuk Samsung, pasalnya memiliki rentang frekuensi yang cukup panjang, mulai dari 100 Ghz hingga 1.000 Ghz. Spektrum sebesar ini sangat mampu memberikan layanan pita lebar (wideband) dengan fasilitas lebar pita (Bandwidth) mencapai puluhan GHz.

Bahkan jaringan 6G ini saat mencapai puncaknya, bisa menghasilkan kecepatan hingga 50 kali lipat dibandingkan jaringan 5G yang baru akan dirilis. Kecepatan tinggi ini akan menghasilkan latensi rendah sehingga memungkinkan adanya layanan baru. Dimana Samsung ingin memberikan layanan hologram 3D pada ponsel seluler, bahkan bukan hal mustahil untuk mengaplikasikan teknologi Extended Reality (XR).

Baca juga :  Chip M1 Apple Tingkatkan Performa MacBook Air 2020

Samsung optimis dengan banyak sekali hal baru yang bisa dihadirkan pada generasi jaringan internet 6G, namun ini tentu tidak membutuhkan waktu sebentar. Samsung memproyeksikan penggunaan jaringan 6G akan mencapai puncaknya pada 8 tahun mendatang, dimana dalam rentang waktu 2020 – 2028 Samsung akan banyak melahirkan terobosan baru.

Baca juga :  Samsung Buatkan Layar Lipat Untuk Google, Xiaomi dan Oppo

Bahkan Sungkyun optimis penelitian Samsung dan UCSB ini akan memberikan komunikasi sebenarnya dengan memanfaatkan generasi jaringan internet 6G, dimana ini akan mendobrak batas-batas yang sebelumnya ada dalam dunia teknologi. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...