Home Hiburan Santo Nicholas Sang Pelindung Anak-anak

Santo Nicholas Sang Pelindung Anak-anak

TELENEWS.ID- Tentu sudah tidak asing dengan Sinterklas atau Santa Claus bukan? Seorang kakek dengan jenggot putih panjang, memakai topi serta pakaian serba merah. Sosoknya selalu dinantikan oleh anak-anak kecil untuk menanti hadiah.

Bukan hanya itu, ia juga menjadi ikon di setiap Hari Raya Natal. Sosok kakek yang baik hati ini selalu ada dalam setiap tempat dan media, ditemani dengan pohon cemara serta pernak-pernik hiasan maupun kado Natal.

Banyak sebutan berbeda untuk kakek murah senyum ini. Ada yang memanggilnya Santa Claus, Sinterklas, Saint Nicholas, Kris Kringle, Father Christmas. Bahkan ada yang memanggil secara singkat yakni Santa.

Mungkin saja banyak orang yang mengira kalau Sinterklas datang dari Kutub Utara. Itu dikarenakan tidak sedikit sosok Santa ini selalu direpresentasikan lewat film kartun atau sinema anak dengan datang dari rumah yang berselimutkan salju. Lalu, ia membawa satu karung besar berisikan hadiah kado dan pergi menaiki kereta rusa.

Namun sebenarnya, Santa Claus merupakan legenda dalam cerita rakyat bagi sebagian besar penduduk Eropa. Sinterklas sendiri adalah representasi tokoh dari Saint atau Santo Nicholas yang hidup di abad keempat masehi.

Santo Nicholas merupakan seorang uskup dari Myra. Sebuah kota kecil yang pernah menjadi bagian Imperium Romawi.

Santo Nicholas adalah anak tunggal yang lahir di Kota Patara, dekat Laut Mediterania. Sejatinya, ia adalah seorang anak yang sangat dinantikan hadir oleh kedua orangtuanya.

Seiring berjalannya waktu, Nicholas tumbuh dewasa dan menjadi sosok yang religius. Sekaligus ia memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi.

Karena dinilai sangat religius, ia sudah dinobatkan menjadi pastor saat menginjak usia kepala dua. Semasa menjadi uskup, Nicholas dikenal dengan orang yang gemar memberikan kado hadiah. Baik kepada orang miskin hingga anak-anak.

Baca juga :  Klub 27, Pesohor yang Meninggal di Usia 27 Tahun

Entah secara kebetulan, kelahirannya tidak jauh dengan Hari Natal. Ia lahir tanggal 6 Desember.

Dengan berdekatannya hari kelahirannya dan Natal, Santo Nicholas sering kali menggelar perayaan pesta dan menyediakan kado untuk anak-anak.

Selain itu, dalam kisahnya Santo Nicholas pernah menyelamatkan tiga perempuan muda dari kehidupan kelam. Secara diam-diam, ia menyelamatkan nasib ketiga gadis tersebut dengan memberikan emas kepada ayahnya yang sama-sama miskin.

Emas yang diberikan untuk membiayai pernikahan ketiga gadis tersebut, agar tidak terjerumus dunia prostitusi.

Ada pun kisah lainnya datang ketika Santo Nicholas memasuki tempat tinggal yang cukup menyeramkan. Pasalnya, pemilik tempat tinggal tersebut baru saja membunuh tiga anak lak-laki.

Konon kabarnya, Nicholas dapat menghidupkan kembali ketiga anak itu. Dari kisah tersebut, Saint Nicholas sering kali dijuluki sebagai pelindung anak-anak.

Baca juga :  Raih 300 Penghargaan ‘Game of the Year’, Last of Us Part II Cetak Sejarah

Kisah ini terus bertahan sepanjang abad, bahkan sampai saat ini. Sosok kakek tua yang murah senyum ini selalu dinanti saat malam Natal tiba.

Anak-anak akan menanti kado yang diberikan Santa, tepat di bawah hiasan pohon Natal. Sambil berharap Santa Claus datang ke rumah membawa karung berisikan kado, dengan suara ketawanya yang khas,‘Ho…ho…hooo…’ (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...