Home Daerah Saung Ranggon, Bangunan Bersejarah dan Penuh Misteri di Bekasi

Saung Ranggon, Bangunan Bersejarah dan Penuh Misteri di Bekasi

TELENEWS.ID – Kota penyangga DKI Jakarta, itulah yang banyak orang ketahui tentang Kota Bekasi. Selain itu, Bekasi juga identik dengan banyaknya kawasan industri yang berkembang.

Tapi siapa sangka di daerah pinggiran Bekasi, tepatnya di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, terdapat sebuah bangunan bersejarah bernama Saung Ranggon.

Bangunan itu diyakini sebagai tempat singgah Putra Pangeran Jayakarta dan para utusan wali.

Dilansir dari salah satu media lokal, Saung Ranggon adalah rumah panggung yang terbuat kayu ki welang atau kayu ulin dan berdiri di area seluas 5.000 meter. Sedangkan untuk bangunannya sendiri memiliki luas 7,6 meter x 7,2 meter dan tinggi sekitar 2,5 meter.

Meskipun memiliki nilai sejarah dan ditetapkan sebagai cagar budaya di wilayah Provinsi Jawa Barat, Saung Ranggon adalah destinasi wisata yang sepi pengunjung.

Bahkan pintu menuju ke area Saung Ranggon tertutup dan hanya ada seorang ‘kuncen’ bernama Sri Muryati (68 tahun) serta anaknya.

Saat diwawancarai, dia mengatakan tidak tahu persis kapan dan siapa yang mendirikan Saung Ranggon. Namun dia mendapatkan banyak cerita dari sang kakek yang tinggal di sana sejak awal lokasi itu ada.

Dia menerangkan bahwa Saung Ranggon adalah lokasi singgah Pangeran Jayakarta dan utusan para wali. Bahkan bangunan itu disebutnya sebagai bangunan tertua yang ada di Bekasi karena pertama kali ditemukan pada abad ke-16.

“Abad ke-16 ditemukannya (Saung Ranggon), tapi setelah dua abad tidak terurus, tahun 1821 ditemukan kembali oleh salah satu anggota pasukan Mataram bernama Raden Abbas,” terangnya.

Masih menurut cerita yang ada, Saung Ranggon menjadi bangunan yang digunakan sebagai tempat menyusun strategi perang pada zaman Kerajaan Padjajaran saat menghadapi tentara VOC.

Kemudian berdasarkan sumber yang sama, isi dari Saung Ranggon terdapat ruangan seluas 1 meter x 2 meter yang ditutupi tirai. Selain itu, ada sebuah foto Nyi Roro Kidul dan Presiden Soekarno serta seperangkat alat sholat seperti mukena dan sarung.

Baca juga :  Ribuan Masjid dan Mushola di Kota Padang Gelar Pesantren Ramadhan

Misteri Saung Ranggon

Selain menjadi tempat bersejarah, ternyata Saung Ranggon juga menyimpan misteri.

“Boleh percaya atau tidak, pernah ada pengunjung yang masuk ke bangunan dan mengambil foto tanpa izin akhirnya kesurupan,” ungkap Sri.

Kemudian dia menambahkan ada juga sekelompok orang yang kesurupan massal saat datang melihat pertunjukan seni Tari Topeng, Gendang dan Jaipong.

Tak sampai situ, dia menceritakan tentang seorang tukang perabot yang masuk ke Saung Ranggon tanpa izin dan terpental.

“Pernah saya sedang kedatangan tamu dan mengantar ke atas, saat tamu turun, dia (tukang perabot) naik dan membuka benda-benda yang ada di dalam, tiba-tiba terpental sampai bawah. Saya tanya ada apa, dia bilang ada pria berjanggut panjang sedang duduk bersila,” Sri menambahkan.

Baca juga :  Pemkab Tangerang Berencana Gandeng Swasta untuk Penyaluran Bansos

Selain hal mistis seperti itu, Sri mengungkapkan bahwa Saung Ranggon sering jadi tempat untuk mengatasi berbagai permasalahan asalkan orang yang memiliki tujuan telah bertobat dan menjalani ibadah secara rutin.

Kemudian Sri juga menjelaskan kewajibannya sebagai ‘kuncen’ Saung Ranggon yaitu membersihkan seluruh pusaka saat Maulid Nabi dan mengadakan acara seni tradisional seperti Tari Jaipong serta lagu-lagu wajib yang harus dinyanyikan.

Jika tidak melakukannya, Sri mengatakan bahwa akan ada hal buruk yang menimpa keluarganya seperti kesurupan atau ada masalah yang berat tak terduga.

Sebagai informasi tambahan, di sebelah Saung Ranggon terdapat mushola kecil terbuat dari kayu dan bambu. Lalu di area yang sama ada sebuah sumur yang memiliki usia sama dengan Saung Ranggon. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...