Home Teknologi Gadget Sebab Ponsel Cepat Panas dan Solusinya

Sebab Ponsel Cepat Panas dan Solusinya

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Ada berbagai faktor yang membuat ponsel menjadi cepat panas. Dan menurut gadget enthusiast Lucky Sebastian dilansir dari salah satu media lokal, hal itu terjadi karena SoC atau prosesor yang digunakan.

Mayoritas prosesor yang memiliki kinerja tinggi akan membuat ponsel menjadi lebih cepat panas jika dibandingkan prosesor mid-end yang cukup hemat daya.

Kemudian aplikasi yang jalan di background, sesuai izin dalam pengaturannya, membuat ponsel tetap bekerja walau dalam kondisi standby. Kecuali OS nya memiliki manajemen yang ketat sehingga dalam kondisi tersebut, bisa menutup aplikasi yang jalan di background secara otomatis.

Faktor berikutnya yaitu karena sinyal atau operator ponsel. Lokasi BTS (Base Transceiver Station) yang sulit dijangkau membuat ponsel semakin mudah panas. Hal itu karena energi yang dikeluarkan ponsel lebih besar sedangkan suhu udara sekitar sering diabaikan.

Yang terakhir adalah karena charger dan kabel. Biasanya pengguna ponsel tidak ingin membeli versi original dari dua perangkat tersebut karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan versi kw-nya. Namun perlu diingat bahwa keaslian suatu perangkat mempengaruhi kualitas saat digunakan.

Lalu bagaimana dengan solusi dari ponsel yang cepat panas?

Dari berbagai sumber, yang pertama kali bisa dilakukan adalah jika ponsel mulai terasa panas adalah dengan melepas sarung atau casing yang mungkin bisa memerangkap panas. Namun jika tetap ingin menggunakan casing, pilih yang casing yang dirancang untuk mengurangi panas atau tidak tebal.

Kedua, aktifkan mode pesawat sehingga menutup berbagai aplikasi yang memerlukan koneksi internet yang bisa membuat boros baterai pada ponsel. Setelahnya, mode pesawat bisa di non-aktifkan.

Ketiga, tutup aplikasi berat seperti game atau media sosial lainnya yang diatur standby untuk notifikasinya.

Keempat, turunkan tingkat kecerahan layar karena hal itu juga berpengaruh pada suhu ponsel. Selain itu, semakin terang layar, maka baterai ponsel semakin cepat terkuras.

Yang terakhir, simpan ponsel di tempat yang memiliki suhu stabil atau di ruangan ber-AC karena hal itu akan mempengaruhi kualitas ponsel.

Kemudian perlu diingat juga untuk tidak menyimpan ponsel di bawah bantal karena akan mempengaruhi tingkat panas pada ponsel, bahkan ponsel berisiko rusak karena tertindih. (Dhe)

Facebook
Twitter
Dhe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...