Home Metropolitan Sebelas Titik Penyekatan Jalan di Malam Tahun Baru

Sebelas Titik Penyekatan Jalan di Malam Tahun Baru

TELENEWS.ID – Perayaan malam Tahun Baru biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk merayakan bersama keluarga maupun teman.

Namun, ditengah pandemi Covid-19 acara pergantian tahun kali ini, tidak boleh dirayakan bersama.

Pelarangan itu sesuai instruksi Kapolri Jenderal Idham Azis dalam Maklumat bernomor Mak/4/XII/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, yang ditandatangani pada 23 Desember 2020.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa Maklumat Kapolri tersebut bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 saat libur panjang akhir tahun.

Karena, penanganan sebelumnya belum sepenuhnya maksimal untuk memberikan perlindungan keamanan dan keselamatan masyarakat.

Secara singkat Maklumat Kapolri berisi tentang pelarangan masyarakat berkumpul atau berkerumun di tempat umum, seperti:

A. Perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah.

B. Pesta atau perayaan malam pergantian tahun.

C. Arak-arakan, pawai dan karnaval.

D. Pesta kembang api.

Apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat tersebut, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan atau sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sementara itu, untuk meminimalisir kerumunan di tengah pergantian malam tahun baru, TNI, Polri dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan penyekatan di sejumlah ruas jalan, sebanyak 11 titik.

Adapun ke-11 titik penyekatan itu, umumnya di wilayah perbatasan dengan DKI yang menjadi akses masuk seperti:

  1. Ring Road Tegal Alur.
  2. Wilayah UI perbatasan Jakarta-Depok.
  3. Jalan Raya Bogor.
  4. Perempatan Pasar Jumat perbatasan Jakarta-Tangerang.
  5. Joglo.
  6. Kembangan.
  7. Kalimalang.
  8. Kawasan Panasonic Jalan Raya Bogor.
  9. Depok Polsek Batu Ceper.
  10. Perbatasan Bekasi.
  11. Wilayah Jakarta Timur.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, adanya penyekatan bukan berarti menutup akses Jakarta, tapi lebih mencegah orang melakukan perayaan tahun baru di DKI.

Baca juga :  PMI bersama DMI semprot Perkampungan Warga di Pondok Cabe

“Kita laksanakan filterisasi, artinya bukan menutup kota Jakarta, tapi kita tutup dari konvoi dan orang-orang yang diperkirakan akan merayakan Tahun Baru di Jakarta,” ucap Sambodo.

Dikatakannya juga untuk mencegah adanya keramaian di Jakarta yang biasanya digelar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin serta Jalan Benyamin Sueb. Sambodo juga sudah memastikan bakal menutup tiga jalan tersebut mulai 31 Desember 2020 pukul 20.00 WIB hingga 1 Januari 2021 pukul 03.00.

Sambodo menegaskan akan melakukan Patroli berskala besar dari personel gabungan, untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Pemerintah dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali yang dilaksanakan pada Senin (14/12/2020) secara virtual, memutuskan untuk melarang kerumunan dan perayaan Tahun Baru di tempat umum untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19. Rapat tersebut dipimpin oleh Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritimin dan Investasi . (MG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...