Home Gaya hidup Seberapa Aman Aksi Pamer Kekayaan di Medsos seperti Para Crazy Rich yang...

Seberapa Aman Aksi Pamer Kekayaan di Medsos seperti Para Crazy Rich yang Viral? Ini Jawabannya!

TELENEWS.ID – Orang-orang yang sebelumnya mengakui diri mereka sebagai crazy rich asal daerah tertentu di Indonesia kini sedang jadi sorotan. Pasalnya, banyak dari mereka yang ternyata mendapatkan kekayaan berlimpah ruah dari jalur illegal.

Indra Kenz dan Donny Salmanan menjadi dua orang crazy rich yang kini harus berurusan dengan pihak berwajib, lantaran diduga menjadi afiliator judi ilegal dan terlibat dalam pencucian uang.

Kini perhatian publik tertuju pada sosok Juragan 99 dan Shandy Purnama Sari sang istri. Kabarnya, pasangan yang dapat julukan sebagai crazy rich Malang ini sedang menjadi incaran Bareskrim terkait harta kekayaan mereka yang melimpah ruah tersebut.

Adalah artis Nikita Mirzani yang menuliskan di akun media sosial mereka mengenai kabar crazy rich Malang ini akan segera diperiksa oleh pihak berwajib. “Baru keluar karantina baca berita pagi-pagi langsung menghebohkan bahwa pasangan suami istri Crazy Rich asal Malang akan dipanggil Bareskrim,” kata Nikita Mirzani.

Sosok crazy rich Malang ini memang jadi sorotan karena aksi mereka yang kerap pamer kekayaan di media sosial. Salah satunya belum lama ini mereka mengaku memiliki pesawat jet pribadi Cessna Citation Latitude, yang foto-fotonya di unggah ke media sosial.

Aksi pamer kekayaan seperti yang dilakukan oleh para crazy rich ini pernah mendapatkan sorotan secara psikologis dan sains. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Keith Wilcox, peneliti dari Columbia University dan Andrew T. Stephen dari University of Oxford menemukan bahwa media sosial rupanya bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Menurut penelitian ini, orang cenderung menampilkan pandangan diri yang positif dan diinginkan secara sosial kepada orang lain saat online. Sementara itu Psikolog Klinis dan Direktur Klinis The LightHouse Arabia, Dokter Tara Wyne mengatakan sebenarnya adalah hal yang wajar manusia ingin membagikan kebahagiaan dan kesedihan mereka pada orang lain.

Karena itulah sejatinya pamer di media sosial bukanlah hal yang jadi masalah besar, asalkan hal itu tidak bertujuan untuk mengecilkan dan membuat minder orang lain.

Baca juga :  Bawang Putih Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

“Manusia ingin berbagi suka dan duka dengan orang lain, jadi wajar jika orang ingin orang lain menyaksikan mereka dengan cara terbaiknya. Jika dilakukan secara sensitif dan tidak dimaksudkan untuk membuat orang lain merasa kecil dan tidak mampu, membual seharusnya tidak menjadi masalah besar” ujar Tara.

Lalu amankah pamer kekayaan di medsos, seperti yang dilakukan oleh para crazy rich asal Indonesia ini? Setiap gambar yang tersedia di internet adalah risiko privasi, terutama yang jelas-jelas dimaksudkan untuk menarik perhatian dan memicu kecemburuan dari orang lain.

Gambar yang diposting secara online, bisa lebih mudah dilacak daripada yang diperkirakan. Banyak foto yang secara otomatis menandai geolokasi, memungkinkan pencuri untuk menentukan di mana gambar itu diambil.

Selain mengundang orang jahat datang ke kediaman pribadi, hacker dengan segala keahlian mereka juga bisa dengan mudah melakukan tindak kejahatan pada mereka yang suka pamer harta di medsos ini.

Baca juga :  5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Untuk Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Peretas jika diberi waktu yang cukup, sangat mungkin akan dapat mengakses akun, melacak identitas, dan menentukan tempat yang memungkinkan untuk menemukan para crazy rich ini. Yang dibutuhkan hanyalah motivasi untuk menyerang target tertentu, yang dipicu oleh aksi pamer kekayaan di medsos.

Selain itu, penjahat web sering kali dapat melacak kebiasaan sehari-hari seseorang melalui gambar dan postingan di media sosial. Risiko paling menakutkan adalah penculikan dan meminta uang tebusan pada keluarga si crazy rich.

Jika penculik mengetahui bahwa keluarganya memiliki sumber daya untuk membayar jumlah yang cukup besar untuk melindungi orang yang mereka cintai, mereka akan didorong untuk menaikkan harga tebusan yang bahkan lebih mahal.

Karena itulah mungkin kamu harus berpikir dua tiga kali, sebelum pamer harta kekayaan di medsos, seperti yang dilakukan oleh para crazy rich ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...