Home Gaya hidup Kesehatan Segala Hal yang Harus Diketahui Wanita Sebelum Memutuskan Menggunakan Pil KB

Segala Hal yang Harus Diketahui Wanita Sebelum Memutuskan Menggunakan Pil KB

TELENEWS.ID – Adalah hal yang wajar jika pasangan merencanakan kapan mereka akan punya anak. Salah satunya yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Dan pil KB sendiri menjadi salah satu alat kontrasepsi populer yang cukup sering digunakan oleh kaum Hawa.

Pil KB merupakan jenis kontrasepsi yang 99% efektif mencegah kehamilan bila diminum secara konsisten setiap hari. Pil ini mengandung hormon yang mengatur menstruasi, menurunkan risiko kanker ovarium dan rahim, membatu mengatasi jerawat dan mengobati endometriosis.

Pil KB adalah jenis kontrasepsi yang mengandung hormon yang mencegah kehamilan. Orang menyebutnya “pil” karena memang bentuknya adalah pil. Wanita meminum pil ini sekali sehari secara rutin. Pil KB dinilai paling efektif mencegah kehamilan, bila seorang wanita meminumnya secara konsisten pada waktu yang sama setiap hari.

Melihat ke belakang, kedatangan pil pada tahun 1961 menyebabkan sebuah revolusi dimana perempuan merasa dibebaskan dan lebih memegang kendali atas tubuh mereka sendiri. Artinya selama mereka minum pil KB, maka itu artinya mereka belum menginginkan kehamilan. Dan sebaliknya, jika mereka berhenti mengkonsumsi pil ini, maka artinya kaum wanita merasa siap untuk menjadi seorang ibu.

Ladies, jika kamu juga berencana untuk mulai menggunakan alat kontrasepsi jenis pil KB ini, kamu perlu mengetahui beberapa hal penting berikut ini!

  1. Setiap wanita memiliki respon yang berbeda saat mengkonsumsi pil ini
    Tubuh setiap wanita merespons dengan cara yang berbeda, ketika mereka mengkonsumsi pil KB. Menggunakan pil KB yang tepat adalah permainan coba-coba. Tubuhmu mungkin bereaksi dengan baik terhadap pil kombinasi daripada pil mini atau sebaliknya. Berbicaralah dengan dokter untuk saran terbaik dan pilihan pil KB yang tepat untukmu.
  2. Pil ini 99% efektif ketika kamu meminumnya secara “sempurna”
    Pil KB memang cukup efektif mencegah kehamilan. Namun pada kenyataannya, dari wanita yang menggunakan pil KB, sekitar 9 dari 100 (atau 9 persen) akan tetap hamil, lantaran terlewatkan atau tidak rutin mengkonsumsi pil KB mereka. “Jika wanita meminum pil ini setiap hari, kemungkinan hamil adalah 1 persen. Tapi biasanya peluangnya jauh lebih tinggi dari itu, karena mereka melewatkan pil bahkan jika hanya sehari saja” kata Dr. Vanessa Cullins dari Planned Parenthood.
  3. Kamu bisa mengalami mood swing dan kecemasan
    Sejumlah peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi pil KB bisa memberikan efek pada mental wanita yang mengkonsumsi. Masalah terkait suasana hati seperti kecemasan dan depresi sangat umum terjadi pada wanita yang menggunakan pil KB. Hampir setengah dari semua wanita yang menggunakan pil KB, berhenti menggunakannya dalam tahun pertama karena efek samping yang tidak dapat di toleransi. Salah satunya dan yang paling sering dikeluhkan adalah perubahan suasana hati yang tidak menyenangkan lantaran perubahan hormonal pada diri mereka.
  4. Mengkonsumsi pil KB akan mempengaruhi siklus menstruasimu
    Beberapa wanita dengan menstruasi yang tidak teratur dan nyeri yang menyakitkan saat datang bulan, merasakan pengurangan dari gejala-gejala tersebut saat mereka meminum pil KB. Minum pil dengan jadwal teratur dapat menyebabkan menstruasi yang lebih teratur bagi sebagian wanita. Karena pil bekerja dengan memasukkan hormon yang berbeda ke dalam tubuh, kondisi ini dapat memengaruhi siklus menstruasi wanita. Beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan yang lebih ringan, dan yang lain mungkin sama sekali tidak akan menstruasi selama beberapa waktu lamanya.
  5. Jerawatmu akan berkurang
    Salah satu hal yang menjadikan pil KB adalah alat kontrasepsi favorit wanita, adalah bisa membantu untuk mengurangi munculnya jerawat akibat perubahan hormon dalam tubuh. Hormon dalam semua pil KB dapat membantu mencegah pembentukan jerawat, begitu hasil penelitian dari Pusat Kesehatan Wanita Muda di Rumah Sakit Anak Boston.
Baca juga :  Jatuh Cinta Bermanfaat untuk Memperkuat Imun
Baca juga :  Jatuh Cinta Bermanfaat untuk Memperkuat Imun

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi pil KB ya ladies! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...