Home Nusantara Sekda Agam Ingatkan ASN Tetap Netral di Pilkada 2020

Sekda Agam Ingatkan ASN Tetap Netral di Pilkada 2020

Ist

TELENEWS. id, AGAM – Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto mengingatkan ASN Agam tetap jalankan netralitas dan tidak mengajak orang memihak dalam Pilkada. 

Menurutnya, netralitas ASN sangat menentukan terhadap kelancaran pelaksanaan pemilu, termasuk pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember 2020 mendatang.

Disebutkan bahwa Kabupaten Agam adalah salah satu dari beberapa daerah di Sumatera Barat, yang akan mengikuti pesta demokrasi ini.

“Intinya netralitas ini tidak mengajak orang untuk memihak, kalau sudah berada dalam bilik suara itu pasti memihak, tetapi hanya untuk diri sendiri,”ujar Martias Wanto saat jadi narasumber dalam sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, Kamis (27/8/2020).

Ia juga kembali mengingatkan, salah satu azas atau manajemen ASN adalah netralitas yang terbebas dari pengaruh partai dan kandidat. Tugas ASN memfasilitasi pelaksanaan pemilu, secara teknis sudah diserahkan kepada KPU dan pengawasan ke Bawaslu.

“Tapi dalam mempertahankan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif tetap menjadi tugas pemerintah, maka diharapkan ASN terbebas dari persoalan memihak dan keberpihakan karena sanksinya berat,” sebutnya.

Diakuinya, pilkada tahun ini dua ASN Agam ditegur oleh KASN karena ketidaknetralan, dan satu ASN saat pemilihan legislatif 2019 lalu, sehingga ASN dimintanya hati-hati dalam bersikap menghadapi pilkada.

“Kita tidak ingin ASN Agam melanggar kenetralan dalam pelaksanaan pilkada nanti,” pintanya.

Untuk itu, ia menyambut baik sosialisasi netralitas ASN yang digelar Bawaslu Agam, karena ini suatu kewajiban untuk mengingatkan agar tidak terjadi pelanggaran. Sebab ASN tidak hanya bertugas dan berdomisili di pusat pemerintahan saja, tetapi sampai ke nagari yang jauh dari jangkauan pemantauan.

Ia minta OPD, camat dan kepada sekolah agar meneruskan informasi ini kepada jajarannya, sehingga tidak salah langkah dan tidak ada persoalan dengan kenetralan ini (infopublik)

Baca juga :  Mendagri Ajak Kaum Milenial Turut Ramaikan Pilkada 2020
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...