Home Nasional Sektor Industri Dominasi Ekspor 2021, Kemendag Atur Strategi Genjot Ekspor RI

Sektor Industri Dominasi Ekspor 2021, Kemendag Atur Strategi Genjot Ekspor RI

TELENEWS.ID – Pemerintah terus mencari celah pemasukan di tengah pandemi covid-19, dimana Kementerian Perdagangan (Kemendag) punya kabar gembira dan siap mendukung rencana besar pemerintah untuk meningkatkan income dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga, yang memberikan berita gembira terkait pemasukan yang bisa dimaksimalkan di tengah pandemi. Ternyata ada kontribusi besar di bidang ekspors nasional, potensi ini bahkan didominasi oleh sektor industri dimana mengalami perkembangan yang cukup signifikan di tengah pandemi.

Tercatat hingga Mei 2021, nilai total ekspor indonesia mencapai USD 16,60 miliar, dimana sektor industri berhasil mendominasi hingga 77,3 persen atau sekitar USD 12,831 miliar. Jerry menyebutkan sektor industri yang mendominasi datang dari besi dan baja, kertas dan pulp, mesin dan elektronika, alat kaki, perhiasan hingga pakaian.

Pencapaian ini jelas bisa jadi sinyal positif perdagangan di Indonesia mulai kembali ke arah normal, sekalipun di tengah pandemi. Pasalnya di periode yang sama pada tahun 2020, pencapaian mencapai USD 20 miliar, sedangkan kini hingga Mei 2021, pencapaian sudah masuk hingga USD10,17 miliar.

Hal ini membuat Jerry memberikan perhatian lebih pada sektor industri, terlebih pada bidang yang tetap memberikan kontribusi positif di masa pandemi saat ini. Sehingga membuat opsi untuk meningkatkan dan lebih mengintensifkan penggunaan teknologi, diharapkan hal ini bisa menjadi penunjang sehingga bisa meningkatkan nilai tambahan dan efisiensi dalam produksi.

“Kita akan terus memberikan dorongan dan penambahan fasilitas untuk industri, terlebih lagi untuk padat teknologi agar memaksimalkan produksi dan menghasilkan produksi berteknologi tinggi. Ini langkah tepat yang harus segera dilakukan. Shifting harus segera diterapkan untuk meningkatkan daya saings ekaligus meningkatkan nilai tambah” Ujar Jerry dalam keterangan tertulisnya pada Senin (11/07/2021).

Baca juga :  Nindya Karya Gelar Pelatihan Tata Pengarsipan Bagi Karyawan di Kantor Pusat dan Wilayah

Hal ini membuat Jerry terus memberikan dorongan pada stakeholder, terutama untuk kementerian dan lembaga untuk memberikan kontribusi, dimana terus melakukan sinergi dan kolaborasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ini.

Jerry menegaskan, kemendag tidak bisa berjalan sendiri, ini membutuhkan uluran tangan bersama untuk memaksimalkan hasil yang diharapkan. Pasalnya ini berkaitan dengan sektor hilir yang mengambil peran sebagai pembukaan akses pasar lebih luas lagi, memberikan fasilitas untuk penyelenggaraan pameran sehingga dapat memperlancar pemesanan hingga supply chain. Bukan itu saja, Kemendag juga meminta standarisasi dan pengujian kualitas produk semakin diperketat dan dipercepat, sehingga produk yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Bukan hanya meminta pada mereka yang punya andil terkait dengan sektor hilir, Jerry juga merangkul generasi milenial hingga generasi Z untuk turun mengambil peran dalam sektor industri, ini akan jadi langkah estafet untuk melanjutkan apa yang sudah diperjuangkan sekarang ini. Tidak dipungkiri, generasi muda nantinya yang akan jadi pendorong shifting utama, bukan tanpa alasan anak muda Indonesia punya semangat besar dan kreativitas yang harus dimaksimalkan.

Baca juga :  Indonesia Masih Menjadi Lahan Investasi Menggiurkan

Jerry bahkan optimis dengan turut serta anak muda dalam pengembangkan sektor industri, hal ini tentu akan membuat nilai ekspor Indonesia akan mengalami kenaikan besar. Jerry bahkan menyadari, pola produksi dan industri kini sudah mengalami banyak perubahan, tidak ada lagi peran senior yang mendominasi, semua bergerak seirama untuk memaksimalkan tujuan yang diharapkan semua pihak.

Bahkan kini sudah banyak sektor vital dan industri yang dipimpin langsung oleh anak muda, hasilnya bisa mengguncang dunia. Ini menjadi pembuktian bahwa anak muda harus mendapatkan kesempatan, kepemimpinan di era masa depan nantinya akan ada di benak mereka. Ini waktunya untuk bangkit dan memberikan semangat baru untuk Indonesia. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...