Home Ekonomi Sektor Pertanian Menjadi Andalan Pulihkan Ekonomi Nasional

Sektor Pertanian Menjadi Andalan Pulihkan Ekonomi Nasional

Facebook
Twitter

TELENEWS.ID – Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang dahsyat bagi perekonomian dunia, termasuk Indonesia. Di saat sektor manufaktur dan jasa semakin terpukul, sektor pertanian justru tumbuh menjadi salah satu yang terkuat.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) melesat positif hingga mencapai 16,24 persen. Bahkan dari tahun ke tahun, pertumbuhannya mencapai 2,19 persen, sementara yang lain kinerjanya negatif.

Sementara itu, Nilai Tukar Petani (NTP) pada Januari hingga Agustus 2020, jika dibandingkan di bulan Juli – Agustus 2020, pertumbuhannya naik sebesar 0,56 persen. Bahkan, secara kumulatif pada periode Januari hingga Agustus 2020, pertumbuhannya mencapai 101,21 persen atau naik 1,04 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2019.

Baca Juga : Pelabuhan Multipurpose Labuan Bajo, Siap Sambut G20 dan ASEAN Summit

Sesuai data BPS, Nilai Ekspor Pertanian menempati posisi tertinggi dalam neraca perdagangan sepanjang Juli 2020, yaitu mencapai 350 juta USD. Naik sebesar 24,10 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Dan kabar baiknya, Indonesia akhirnya mampu mengekspor bawang putih secara bertahap sepanjang 2020 berdasarkan permintaan Taiwan, yaitu sebanyak 1.000 ton. Belum lagi, ekspor komoditas baru lainnya antara lain, gula kelapa ke Brazil sebanyak 58,3 ton, labu beku sebanyak 8,04 ton dan bunga kecombrang sebanyak 90 kg ke Malaysia. 

Demi menjaga proyeksi pertumbuhan ekonomi pertanian, pada rapat terbatas di istana negara, Presiden Jokowi memerintahkan pihak-pihak terkait untuk dapat menjalin kerjasama dengan para petani.

Jokowi juga berharap agar memaksimalkan dua model bisnis korporasi petani di suatu wilayah, yang nantinya bisa dijadikan proyek percontohan untuk diimplementasikan ke wilayah-wilayah lain. 

Di saat pertumbuhan ekonomi minus 3,49 persen, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengklaim pertanian mampu mencetak kenaikan sebesar 2,15 persen hingga kuartal III 2020.

“Bahkan, ketika Indonesia memasuki bulan ke delapan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pertanian tetap mampu memberikan kontribusi yang besar,” tambahnya lagi dalam diskusi ‘Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021: Jalan Terjal Pemulihan Ekonomi’, Senin (30/11).

Untuk kedepannya, Mentan berharap perlu adanya merger riset dan teknologi untuk mengembangkan pertanian agar lebih baik. Misalnya, pencitraan satelit dengan resolusi tinggi, kontrol secara digital, sekolah-sekolah pertanian, dan sistem-sistem lainnya.

Mentan menyebutkan, Intervensi riset dan teknologi tersebut akan mulai diinisiasi di tahun 2021. Karena ia yakin, dengan pengembangan riset dan teknologi pertanian mampu memperkuat ketahanan pangan Indonesia di masa depan.

Direktur Eksekutif The Indonesia Green Financial and Investment Institute (TIGFII), Maxwell Gultom, mengemukakan bahwa pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian tercapai karena Indonesia punya sumber daya alam yang cukup, dan memiliki basis masyarakat petani yang masih kuat. 

Maxwell mengungkapkan, bahwa berdasarkan data BPS, pergeseran musim tanam dan puncak panen menjadi penopang PDB dari sektor pertanian. Selain itu, sektor perkebunan pun meningkat produksinya, seperti produksi olahan kelapa sawit, ditambah lagi dengan didukung bertambahnya permintaan luar negeri.

Untuk itulah Maxwell berharap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dapat mempertahankan kinerja positif di sektor pertanian.

“Bila kondisi ini tetap terjaga, saya yakin Indonesia mampu melewati pandemi dengan baik, karena Kementerian Pertanian akan selalu mendorong APBN dan Non APBN untuk mendukung proses produksi para petani tetap terjaga. Perlu adanya kolaborasi antar sektor agar mampu mendongkrak ekonomi nasional. Bila produksi sudah baik, maka logistik dan pasar mampu digerakkan untuk memacu sektor riil,” tuntas Maxwell.

Penulis: DES

0
Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...
0