Home Internasional Selain Bogor, Ternyata Kota-Kota Ini Juga Berjulukan Kota Hujan

Selain Bogor, Ternyata Kota-Kota Ini Juga Berjulukan Kota Hujan

TELENEWS.ID – Bogor memang identik dengan julukannya sebagai Kota Hujan. Selain berada di dataran tinggi, kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memang berada di daerah dengan curah hujan yang sangat tinggi. Tak ayal kota ini pun sangat sejuk dan sering dijadikan destinasi wisata oleh pengunjung dari kota yang hanya sekedar menikmati suasana adem di Kota Bogor.

Menariknya, ada juga beberapa kota di dunia yang memiliki julukan Kota Hujan. Bahkan sebagian besar kota-kota tersebut berpenduduk cukup padat. Namun, beberapa diantaranya berada di negara tropis yang curah hujannya sangat tinggi setiap saat. Berikut ini adalah kota-kota di dunia yang juga berjulukan Kota Hujan.

Belem (Brazil)

Belem adalah kota dengan curah hujan 133 inci per tahun yang membuatnya berbeda dengan kota lain yang terletak di Amerika Selatan, dimana kota ini diguyur hujan setiap 251 hari per tahunnya. Ibukota negara bagian Para ini adalah kota pelabuhan yang langsung berbatasan dengan Guajara Bay. Kota dengan populasi kurang lebih 144.000 jiwa ini ternyata terletak di bawah garis Khatulistiwa. Bulan Desember hingga Mei adalah musim hujan di Kota Belem. Namun puncak musim hujan terjadi di bulan Februari dan Maret.

Kuala Terengganu (Malaysia)

Kuala Terengganu adalah kota berpenduduk 285.000 jiwa yang terletak di bagian utara Khatulistiwa. Kota dengan iklim tropis ini rata-rata menerima 114,6 inci curah hujan per tahunnya. Pada Desember tahun 2014 yang lalu, salah satu sungai yang ada di kota ini yaitu Sungai Terengganu meluap dan banjir ekstrim melanda karena curah hujan yang cukup tinggi. Meskipun kota ini cukup lembab dan panas setiap tahun namun musim hujan di Kota Terengganu ini terjadi pada bulan November dan Januari.

Baca juga :  Setelah 24 Ribu Tahun Membeku, Hewan Ini Hidup Lagi!

Hilo (Hawaii)

Meskipun banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Hawaii untuk menikmati musim panas, namun ternyata Kepulauan Hawaii adalah lokasi yang curah hujannya cukup tinggi di dunia. Big Bog yang terletak di pinggiran Haleakala National Park yang menjadi bagian dari Pulai Maui menerima 404,4 inci hujan setiap tahun. Sementara di Gunung Puu Kukui menerima 384,4 inci hujan per tahun. 450 inci hujan per tahun terjadi di Mt. Wai’ale’ale yang berada di Kauai. Namun yang paling luar biasa adalah Kota Hilo yang diguyur hujan 272 hari per tahunnya atau 12,7 inci hujan yang jatuh per tahunnya.

Monrovia (Liberia)

Monrovia adalah ibukota Liberia yang terletak di pantai barat laut Afrika. Kota ini menerima 182 inci hujan atau kurang lebih 182 hari diguyur hujan. Curah hujan yang cukup tinggi di Monrovia ini biasanya terjadi di bulan Mei hingga Oktober. Namun bulan Juni dan Juli adalah yang terbasa. Oleh karena itu, akibat curah hujan yang tinggi banyak rute atau akses jalanan yang sulit untuk ditempuh karena berlumpur.

Baca juga :  Beredar Bebas di Media Sosial, Tembakau Gorila Ternyata Diproduksi di Kontrakan

Buenaventura (Kolombia)

Buenaventura adalah kota yang terletak di sepanjang Samudera Pasifik dengan populasi sekitar 300.000 jiwa. Kota ini memiliki curah hujan cukup tinggi setiap tahunnya dengan 126 inci hujan. Bulan September dan Oktober adalah masa dimana kota ini diguyur hujan cukup sering. Sementara bulan Januari sampai April menjadi periode terkering. Kota ini adalah kota yang paling sering diguyur hujan dibanding kota lain yang ada di Benua Amerika.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...