Home Gaya hidup Selain Nikmat, Cokelat Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

Selain Nikmat, Cokelat Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID – Sebagian besar penduduk bumi tentunya menyukai cokelat. Seperti diketahui, cokelat sendiri merupakan salah satu makanan favorit karena rasanya yang lezat akibat perpaduan pahit dan manis yang pas, serta kelembutannya ketika masuk ke mulut.

Para penikmat cokelat seringkali mengonsumsi cokelat dalam berbagai cara. Ada yang mengonsumsi cokelat batangan secara utuh, ada pula yang membuatnya menjadi minuman cokelat hangat atau dingin sebagai penyegar, serta tak sedikit yang menjadikannya kombinasi berbagai aneka kue.

Selain nikmat, cokelat juga memiliki kabar baik bagi para penggemarnya, yaitu segudang manfaat didalamnya. Salah satu manfaatnya yaitu dapat memperbaiki suasana hati seseorang yang sedang tidak baik. Cokelat sendiri kerap kali dikonsumsi oleh seseorang ketika sedang merasa sedih, kesal ataupun marah. Setelah mengonsumsi cokelat, biasanya suasana hati orang tersebut akan terasa jauh lebih baik dari sebelumnya.

Lalu apa saja manfaat lainnya dari nikmatnya mengonsumsi coklat? Berikut ulasan segudang manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh, yang dilansir dari berbagai sumber:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa tingkat konsumsi cokelat yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko gangguan kardiometabolik yang lebih rendah.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Siapa yang tak takut dengan Penyakit yang satu ini? Namun kabar baik datang dari sebuah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang makan satu porsi cokelat memiliki kemungkinan 22 persen lebih kecil mengalami penyakit stroke, daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Sedangkan orang yang mengonsumsi sekitar dua ons cokelat dalam seminggu memiliki risiko 46 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal akibat stroke.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Dilansir dari laman The Journal of Nutrition, bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL), atau juga dikenal sebagai “kolesterol jahat.”

Baca juga :  Kulit Sering Gatal di Malam Hari? Waspada Kamu Mungkin Mengalami 4 Hal Berikut Ini!

Konsumsi cokelat batangan secara teratur yang mengandung sterol dan flavanols, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol serta meningkatkan tekanan darah.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Salah satu temuan menunjukkan bahwa cokelat panas membantu meningkatkan aliran darah ke bagian otak pada tempat tertentu.

Ekstrak kakao dalam cokelat yang juga disebut sebagai lavado, dapat mencegah bahkan mengurangi kerusakan pada jalur saraf yang ditemukan pada pasien yang mengidap penyakit Alzheimer. Lavado ini juga dapat membantu memperlambat gejala seperti penurunan kognitif.

Selain itu, Ilmuwan dari Harvard Medical School juga pernah menyarankan untuk meminum dua gelas cokelat panas dalam sehari, karena dapat membantu menjaga otak tetap sehat dan mengurangi penurunan daya ingat pada lansia.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi sekitar 30 gr cokelat setiap harinya selama masa kehamilan ternyata dapat memberikan manfaat pada pertumbuhan serta perkembangan janin yang sedang dikandungnya.

  1. Melindungi Kulit
Baca juga :  Bisa Merusak Ginjal, Inilah 5 Efek Buruk Kebiasaan Minum Sambil Berdiri

Selain kaya manfaat bagi kesehatan tubuh, cokelat juga ternyata bermanfaat untuk kecantikan, karena mengandung senyawa bioaktif yang ternyata bagus untuk kulit Anda.

Flavonol yang terdapat di dalam kandungan cokelat dapat melindungi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, serta meningkatkan aliran darah ke kulit sehingga meningkatkan kepadatan dan hidrasi pada kulit.

Itulah beberapa manfaat dari mengonsumsi lezatnya cokelat, yang tentunya merupakan kabar baik bagi para penikmat si Manis yang satu ini. Namun tetap perlu diingat, dalam mengonsumsinya tentu tidak berlebihan dan sesuai anjuran yang tertulis diatas apabila ingin memetik manfaatnya bagi kesehatan tubuh. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...