Home Gaya hidup Selamat Hari Jomblo Sedunia, Ternyata Ada 5 Manfaat Tak Terduga Menjadi Seorang...

Selamat Hari Jomblo Sedunia, Ternyata Ada 5 Manfaat Tak Terduga Menjadi Seorang Jomblo

TELENEWS.ID – Tahukah kamu bahwa tanggal 11 November diperingati sebagai hari jomblo sedunia? Ya rupanya ada hari spesial di setiap tahun yang didedikasikan untuk mereka yang sedang tidak menjalin asmara dengan siapapun juga alias jomblo.

Ada alasan unik mengapa tanggal 11 November diperingati sebagai hari jomblo sedunia. Ini karena angka 11/11 yang tepat pada hari ini menunjukkan empat buah angka satu sekaligus. Selain itu menurut kebudayaan China, angka 1 seolah menunjukkan sebuah ranting tanpa cabang dan tanpa daun. Hal ini menunjukkan kehidupan manusia yang tanpa pasangan atau tidak menikah dan tak memiliki anak.

Sejatinya hari jomblo sedunia ini pertama kali diperingati di China sejak tahun 1993 yang silam, dan dirayakan oleh para mahasiswa di Universitas Nanjing. Budaya ini kemudian menyebar ke berbagai penjuru Tiongkok dan bahkan sampai ke berbagai penjuru dunia juga.

Menjadi single atau jomblo menurut banyak orang memang terkesan menyedihkan dan kesepian. Namun ternyata banyak loh manfaat tak terduga dari menjomblo ini.

  1. Kamu punya banyak waktu untuk membangun hubungan pertemanan yang kuat
    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Social and Personal Relationships, menjadi lajang sebenarnya meningkatkan koneksi sosial dengan orang lain. Selain itu menurut Roxy Zarrabi, Psy.D., seorang psikolog klinis, melajang memberikan kesempatan untuk membangun hubungan pertemanan yang kuat dengan orang lain. “Sangat penting untuk memiliki persahabatan yang kuat baik ketika melajang atau tidak. Tetapi ketika kamu melajang, kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk memperdalam persahabatan yang paling berharga” ujar Roxy.
  2. Kamu lebih fokus pada kesehatanmu
    Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Women’s Health, mereka yang memutuskan untuk melajang memiliki kesehatan yang lebih prima dibandingkan dengan mereka yang menikah. Penelitian di tahun 2017 yang melibatkan 13.000 orang menunjukkan bahwa wanita yang single menunjukkan Body mass index (Indeks massa tubuh) pemicu kegemukan atau obesitas yang lebih rendah, dibandingkan mereka yang telah menikah. Selain itu menurut penelitian ini mereka yang menjomblo justru jarang merokok dan mengkonsumsi alkohol juga.
  3. Kamu punya waktu untuk lebih mengenali dirimu sendiri
    Menjadi jomblo selama beberapa waktu memberikan kamu kesempatan untuk lebih mengenal dirimu sendiri, sebelum siap untuk memulai suatu hubungan yang baru. “Menjadi lajang dapat memberikan kesempatan berharga untuk mempelajari dan mengenal tentang dirimu sendiri, merangkul diri sendiri yang sebenarnya, dan menjelajahi hobi atau aktivitas yang ingin kamu coba” ujar Roxy. Hal ini akan membuatmu lebih mengenal dirimu sendiri, sehingga ketika menjalin hubungan yang baru kamu tahu apa yang kamu inginkan dari pasangan.
  4. Kamu punya tanggung jawab yang lebih sedikit
    Sederhananya, orang yang menjomblo hanya memiliki tanggung jawab pada diri mereka sendiri. Beda dengan mereka yang telah menikah, tentu saja memikul tanggung jawab terhadap pasangan atau anak-anak dan keluarga mereka. Selain itu kamu juga bisa menjadikan dirimu sendiri sebagai prioritas utama, tanpa perlu khawatir untuk membahagiakan atau bertanggung jawab pada orang lain.
  5. Urusan finansial bukan hal yang membebanimu
    Menjadi jomblo artinya kamu punya kesempatan sebanyak-banyaknya untuk bekerja keras dan memenuhi kebutuhan finansialmu. Kita tentu sering mendengar alasan mereka yang memilih melajang, menjadi sosok pekerja keras untuk membahagiakan orangtua. Ini karena menjadi seorang jomblo, kamu tak perlu memikirkan masalah finansial yang rumit seperti uang sekolah anak, uang susu, uang belanja dan sebagainya. Kamu bisa fokus untuk menabung dan menyisihkan sebagian pendapatanmu untuk membahagiakan orang-orang di sekitarmu.
Baca juga :  Cara Ajarkan Anak Wirausaha Sejak Dini
Baca juga :  Pakai Bahan Alami, Begini Cara Untuk Merawat Kulit Sensitif dan Berminyak

Jadi bagaimana? Menjomblo tidak selalu buruk bukan? (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...