Home Metropolitan Selesai Dibangun, Inilah Sirkuit Formula E di Ancol

Selesai Dibangun, Inilah Sirkuit Formula E di Ancol

TELENEWS.ID – Pembangunan sirkuit Formula E yang berada di kawasan Ancol, Jakarta utara sudah rampung. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Iman Sjafei selaku VP Communication Organizing Committee Formula E pada hari Minggu (11/04/22) kemarin. Beredar foto tampak atas dari sirkuit Formula E yang menyerupai kuda lumping tersebut sudah mendapat lapisan aspal untuk tahap akhir.

Pembangunan sirkuit belum cukup sampai disitu saja, sebab pihak penyelenggara akan melanjutkan pembangunan venue dengan memasang paddock dan juga grandstand. Sirkuit Formula E ini memiliki lintasan sejauh 2,5 kilometer dengan jumlah tikungan mencapai 18 titik. Sirkuit ini juga dilengkapi dengan lintasan yang dimiringkan mencapai 6 derajat.

“Aspal perhitungan konstruksi kemarin 87,91 persen. Ini adalah tikungan pertama, turn 1 ini paling menarik. Masuk kecepatan rendah. Makanya di depan ada aspal lebih, biasanya banyak mobil yang overshoot, kelewatan. Makanya di ujung ada pengamanannya,” Kata Irawan, selaku panitia penyelenggara Eprix Jakarta 2022 ini.

Pembangunan sirkuit ini juga menggunakan rangka bambu karena kontur tanah yang ada di wilayah ini memiliki sifat yang lembek dan juga berlumpur. Sehingga, untuk mengakali supaya tidak jebol, rangka dari bahan kayu digunakan untuk menopang bagian atas dari aspal yang menutupi lintasan di sirkuit ini. Hasilnya, sirkuit bisa selesai hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Meski lintasan sirkuit tersebut sudah selesai dibangun, namun beberapa pihak masih menanyakan mengenai standar dalam lintasan ini. Ketua Fraksi PDIP, Gembong Warsono kepada awak media, Selasa (12/04/22) menanyakan perihal standarisasi lintasan formula E tersebut.

“Jadi fisik kan belum tentu memenuhi standar. Tahapannya kan perlu ada sertifikasi dari FIA juga kan. Jadi secara fisik jadi boleh, tapi apakah itu layak atau tidak bukan kita yang menentukan,” kata Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono.

Baca juga :  Peduli Covid -19, GAPENSI DKI Jakarta Bersama BPC GAPENSI Jakut Bagikan Ratusan Paket Sembako Bagi Anggota dan Masyarakat Sekitar

Gembong membandingkan pembangunan sirkuit Mandalika yang saat itu diperiksa oleh FIA. hasilnya, setelah beberapa kali menjalani ujicoba, pihak penyelenggara diminta untuk mengaspal ulang sirkuit tersebut.

Ketua Dewan Pengarah Formula E, Tinton Soeprapto pada Februari 2022 silam mengatakan bahwa Sirkuit Ancol ini akan dibangun dengan tipe semipermanen. Hal itulah yang menjadi alasan pembangunan sirkuit ini tidak bisa lebih cepat dibandingkan dengan pembangunan sirkuit di Mandalika yang mencapai setahun lebih.

“Proses pembangunan di sana (Mandalika) permanen, tapi di sini (Ancol) semi permanen, knock down, habis balap copot lagi,” kata Tinton pada Senin (21/2/2022) lalu.

Proses pengerasan sirkuit ini bisa dilakukan lebih cepat lagi dengan memasang bambu pada area yang nantinya akan dilakukan pengerasan aspal. Tinton optimistis pembangunan sirkuit Ancol ini bisa rampung sesuai dengan jadwalnya. Sekedar informasi, 25 persen dari wilayah yang sekarang ini dibangun adalah bagian dari sirkuit balap yang pernah dibangun oleh Tinton pada tahun 1969 yang lalu.

Baca juga :  Sponsor Belum Diumumkan, Tiket Formula E Sudah Terjual 70 Persen

Vice President Managing Director Formula E, Gunung Kartiko menyebut bahwa pembangunan sirkuit Ancol ini tidak serumit seperti pembangunan Sirkuit Mandalika. Karena, tipikal untuk balapan Formula E adalah tipikal balapan jalan raya, sehingga aspal yang digunakan juga sebenarnya aspal untuk pembangunan jalan raya. Meskipun demikian, Gunung memastikan bahwa sirkuit yang saat ini tengah dibangun memiliki standar Formula E Operation atau FEO.

Hingga saat ini, baik FIA atau FEO belum melakukan inspeksi terhadap sirkuit Ancol, karena masih dalam tahap pembangunan venue. Diperkirakan, dalam waktu dekat akan keluar hasilnya apakah sirkuit Ancol ini memiliki standar FIA atau belum siap untuk digunakan ajang balapan Formula E. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...