Home Gaya hidup Kesehatan Sempat Disebut Manjur Melawan COVID, Ijin Obat Lian Hua Dibekukan BPOM

Sempat Disebut Manjur Melawan COVID, Ijin Obat Lian Hua Dibekukan BPOM

TELENEWS.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja resmi menghentikan izin penjualan Lianhua Qingwen Capsules. Obat herbal asal China yang diklaim ampuh menyembuhkan penyakit COVID-19 itu rupanya mengandung sejumlah resiko yang lebih besar dibanding khasiatnya.

Bagi anda yang pernah mengidap virus COVID-19 atau memiliki kerabat yang terjangkit penyakit tersebut tentu pernah mendengar tentang Lianhua. Obat berbentuk kapsul itu disinyalir memiliki khasiat yang mampu membasmi virus Corona meskipun tidak didukung oleh penelitian resmi.  Belakangan, pemerintah Indonesia melalui BPOM malah menyetop ijin pengedaran obat alternatif tersebut.

BPOM membuat sebuah konferensi yang isinya meluruskan informasi simpang siur terhadap obat Lianhua tersebut. Pada awal pernyataan, BPOM menegaskan bahwa tidak semua jenis Lianhua distop, melainkan hanya jenis LQC Donasi lantaran diketahui mengandung bahan baku ephedra yang berbahaya.

Ephedra sebetulnya adalah bahan herbal yang berasal dari tanaman obat yang tumbuh di China. Namun, di dunia medis, penggunaannya masih cukup kontroversial karena diketahui bisa memicu masalah kardiovaskular dan sistem saraf pusat.

Konsumsi ephedra juga dapat menimbulkan efek samping berupa kejang, serangan jantung, dan irama jantung tidak teratur. Hal itu disebabkan karena ephedra meningkatkan tekanan darah. Konsumsi bahan herbal ini juga harus dihindari oleh orang dengan penyakit hipertensi.

Meskipun dikonsumsi oleh orang tanpa hipertensi, ephedra harus diresepkan dengan hati-hati karena tetap bisa meningkatkan tekanan darah. Konsumsi ephedra sesuai dengan anjuran dokter juga tak membuatnya aman dari efek samping berupa kejang, dan peningkatan irama jantung.

“Berdasarkan hasil evaluasi dan aspek risiko-manfaat terhadap produk tersebut BPOM memutuskan tidak lagi memberikan rekomendasi kedua produk donasi tersebut melalui layanan perizinan tanggap darurat” tutur juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi virtual oleh BNPB, Selasa (25 Mei) silam. “Dikarenakan keduanya memiliki risiko lebih besar dibandingkan manfaatnya,” imbuh dia.

Baca juga :  Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Buah Pisang Untuk Merawat Rambut dan Kulit

Sejalan dengan paparan Prof Wiku, BPOM menjelaskan bahwa LQC Donasi terbukti tidak menahan laju keparahan (severity), tidak menurunkan angka kematian, dan tidak mempercepat konversi swab test menjadi negatif dalam penyakit COVID-19.

Lain hal dengan jenis Lianhua Qingwen Capsules (LQC) yang terdaftar di BPOM (bukan produk donasi) tetap boleh beredar. Dengan indikasi mampu meredakan panas dalam, tenggorokan kering, batuk, dengan aturan pakai 3 kali 4 kapsul sesudah makan, dan dapat digunakan tanpa resep dokter.

Adapun seperti yang diketahui sebelumnya, LQC Donasi diterbitkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 2020 atas rekomendasi BPOM melalui Sistem Pelayanan Perizinan Tanggap Darurat, Aplikasi Indonesia National Single Window (INSW). Namun BPOM belakangan membantah telah memberi izin resmi terhadap penyebaran obat tersebut. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...