Home Daerah Bali Serba Serbi Metatah, Ritual 'Potong Gigi' Wajib Bagi Remaja Bali

Serba Serbi Metatah, Ritual ‘Potong Gigi’ Wajib Bagi Remaja Bali

TELENEWS.ID – Bali mempunyai segudang ritual unik yang tiada duanya. Salah satunya adalah ‘metatah’ atau upacara potong gigi yang dilakukan untuk menandai fase perubahan seorang anak menjadi remaja yang beranjak dewasa.

Bagi masyarakat Hindu Bali, metatah merupakan salah satu bagian inti dari rangkaian upacara ‘Manusa Yadnya’ yang dilakukan selama hidup seseorang mulai dari lahir hingga meninggal kelak. Metatah atau Mepandes dilakukan pada seseorang yang sudah menginjak remaja atau sudah dewasa yang ditandai dengan perubahan fisik tertentu seperti menstruasi pertama bagi anak perempuan dan perubahan suara bagi anak laki-laki.

Hanya Secara Simbolis, Metatah Bukanlah Prosesi Yang Menyakitkan (source Lotus Bungalows)

Meski secara harafiah disebut ‘potong gigi’, bukan berarti keseluruhan gigi yang dihilangkan. Secara simbolis, Metatah dilakukan dengan meratakan sedikit bagian ujung dari empat gigi seri dan dua taring kiri dan kanan pada rahang atas sebanyak 3 kali. Hal itu tidak menimbulkan rasa sakit bagi para pesertanya.

Secara spiritual, upacara metatah dipercaya dapat mengentaskan segala jenis kekotoran dalam diri pribadi, melenyapkan sifat-sifat angkara murka, sifat-sifat keraksasaan. Enam buah gigi pada rahang atas yang dipotong dalam upacara metatah mencerminkan enam sifat buruk manusia yang dikenal dengan istilah ‘Sad Ripu’ meliputi hawa nafsu, ketamakan, kemarahan, mabuk, bingung dan iri hati.

Upacara Metatah; Dilakukan Dalam Suasana Pesta Nan Meriah (source Bridestory)

Kendati wajib untuk dilakukan, pelaksanaan upacara potong gigi atau metatah juga bisa disesuaikan dengan banyak hal, terutama kesiapan finansial keluarga yang bersangkutan. Sehingga upacara tersebut bisa dilakukan secara meriah atau sederhana tergantung kemampuan ekonomi masing-masing.

Namun secara umum, metatah dilakukan dalam bentuk sebuah pesta meriah dimana banyak undangan yang hadir untuk menyaksikan, dan para peserta metatah didandani sedemikian rupa dengan baju adat Bali dan beragam kelengkapan lainnya.

Baca juga :  Bisnis 'Kelas Orgasme' Kembali Muncul Di Bali

Upacara metatah dipandang luas oleh masyarakat Bali sebagai ‘hutang’ orang tua kepada anak-anaknya; terutama anak perempuan yang nantinya akan menikah dan pergi untuk menjadi bagian dari keluarga suaminya.

Ada kalanya sebelum sempat melakukan upacara potong gigi atau metatah, seseorang sudah meninggal dunia, lalu bagaimana orang tua membayar hutangnya kepada yang belum lunas tersebut? Dalam situasi seperti ini jika orang tua masih merasa memiliki kewajibannya, maka bisa menempuh secara simbolis dan minta tuntunan pemuka agama. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...