Home Internasional Setelah 24 Ribu Tahun Membeku, Hewan Ini Hidup Lagi!

Setelah 24 Ribu Tahun Membeku, Hewan Ini Hidup Lagi!

TELENEWS.ID – Siberia menyimpan sebuah misteri tentang sebuah makhluk hidup yang terletak di bawah tanah tepatnya di lapisan es. Selama lebih dari ribuan tahun makhluk hidup tersebut tertidur. Ajaibnya, makhluk tersebut bukan hanya kembali hidup, namun langsung melakukan reproduksi ketika terbangun dari tidur panjangnya.

Stas Malavin, seorang ahli bioogi dari Soil Crylogy Laboratory di Institute of Physicochemical and Biological Problems mengungkapkan bahwa penelitian yang mereka lakukan cukup mengejutkan mengingat hewan multiseluler dapat hidup selama ribuan tahun dalam kriptobiosis, sebuah situasi dimana metabolisme hampir sepenuhnya tidak terjadi.

Makhluk hidup tersebut ialah sebuah invertebrate mikroskopis yang dimanakan rotifera. Hewan kecil yang hidup di air tersebut biasanya hidup di perairan seluruh dunia dan fenomena ini tentu saja menarik perhatian banyak ahli untuk meneliti bagaimana cara mereka bertahan hidup dalam situasi dehidrasi dan pembekuan.

Dilansir dari Science alert, sebuah eksperimen dan studi sebelum pernah menunjukkan informasi tentang makhluk hidup tersebut bisa bertahan selama puluhan tahun dalam keadaan kriptobiosis, dimana semua fungsi biologis dihentikan oleh tubuh atau yang biasa disebut dengan mati suri. Ketika membeku, para ahli menuturkan bahwa makhluk hidup tersebut dapat bertahan selama 10 tahun. 

Rotifera yang merupakan spesies air tawar yang berasal dari gen Adineta ini bisa memulihkan diri. Hal ini menunjukkan bahwa kejadian menakjubkan ini bukanlah sebuah hal yang kebetulan. 

Para ahli pun mengharapkan bahwa mereka akan menindaklanjuti fenomena ini lebih lanjut. Mereka pun berharap bisa mengetahui alasan mengapa makhluk hidup tersebut bisa bertahan sangat lama. Hal tersebut juga bisa membantu mengetahui cara untuk melindungi sel-sel organisme yang tentu saja lebih rumit.

Baca juga :  Angkatan Antariksa AS Telah Meluncurkan Pesawat Antariksa Militer ke Orbit

Malavin menambahkan bahwa organisme multiseluler seperti rotifera ini yang bisa disimpan dan dibekukan selama puluhan ribu tahun dan lalu hidup lagi adalah sebuah hal yang diimpikan oleh banyak penulis fiksi. 

“Organisme yang semakin kompleks tentu saja akan sangat sulit untuk diawetkan agar tetap hidup dalam pembekuan. Apalagi untuk mamalia, hal tersebut tidak mungkin terjadi. Namun meskipun mikroskopis, berpindah dari organisme yang memiliki sel tunggal ke organisme yang memiliki otak dan usus adalah sebuah peningkatan yang cukup pesat,” ujarnya.(Neidi)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...