Home Internasional Setelah 70 Tahun Menghilang, Desa Ini Kembali ke Permukaan

Setelah 70 Tahun Menghilang, Desa Ini Kembali ke Permukaan

TELENEWS.ID – Sebuah desa di Italia bernama Curon, yang menghilang selama 70 tahun, kini muncul kembali dari dasar Danau Resia.

Danau tersebut adalah danau buatan yang memiliki luas 4 kilometer persegi dan letaknya di Tyrol Selatan, berbatasan langsung dengan Austria dan Swiss.

Dikutip dari IB Times, pada tahun 1950, Desa Curon dibanjiri air karena pembuatan pembangkit listrik tenaga air, dengan cara menggabungkan dua danau yang ada di dekatnya.

Karena keperluan pemeliharaan, Danau Resia dikuras untuk sementara waktu dan warga Italia diizinkan menelusuri sekaligus memotret jejak peninggalan Desa Curon.

Salah satu warga lokal bernama Luisa Azzolini menceritakan pengalamannya saat melihat desa yang hilang tersebut. Dia merasa aneh saat berjalan di antara puing-puing rumah meskipun ada perasaan penasaran bercampur sedih.

Dengan area yang dipenuhi tumpukan batu-bata dan puing-puing berserakan, ada hal yang menarik perhatian yaitu menara gereja abad ke-14.

Ketika tergenang air selama bertahun-tahun, sebagian dari bangunan itu masih bisa terlihat dari atas permukaan air. Sedangkan dinding, tangga dan juga ruang bawah tanah ada di dasar danau.

Meskipun warga sekitar diizinkan untuk melihat desa yang tenggelam, jumlah pengunjungnya dibatasi terkait pandemi Covid-19.

Akan tetapi foto-foto ‘Atlantis yang hilang’ itu sudah beredar di berbagai media sosial, dengan memperlihatkan dinding, tangga yang utuh meskipun puluhan tahun terendam air serta ruang bawah tanahnya.

Menurut sumber yang sama, sebelum danau kembali diisi air, para pengunjung dibebaskan untuk berjalan-jalan di area Desa Curon.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya para penduduk Desa Curon menentang pembuatan bendungan tersebut karena proses penggabungan dua danau memaksa mereka meninggalkan rumah.

Akibatnya, lebih dari 160 rumah terendam dan para penduduk Desa Curon mengungsi ke daerah lain, meskipun ada juga yang menetap di daerah terdekat.

Baca juga :  Polisi Australia Tembak Mati Seorang Pelaku Pembunuh di Mall

Sekarang ini, Danau Resia adalah situs terkenal yang menjadi destinasi wisata bagi wisatawan maupun warga sekitar.

Pada musim dingin, orang-orang dapat berjalan melintasi danau yang membeku sambil melihat dari dekat menara dari gereja yang terendam. Selain itu, kisah desa yang terendam ini juga menjadi inspirasi sebuah tayangan di Netflix berjudul ‘Curon’. (Dhe)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...