Home Olah Raga Setelah Pensiun, Apa Saja Pekerjaan Bagi Pesepakbola?

Setelah Pensiun, Apa Saja Pekerjaan Bagi Pesepakbola?

TELENEWS.ID – Ada dua alasan utama mengapa pesepakbola memutuskan untuk pensiun: cedera dan usia.

Memang tidak ada yang tahu kapan alasan yang pertama menyerang. Bagaimanapun, sepak bola adalah permainan fisik dan meskipun hanya sedikit pemain yang sengaja melukai lawan di lapangan, kecelakaan mungkin saja terjadi.

Jika seorang pemain mengalami cedera sangat parah dan berulang, maka keputusan mengenai kapan harus pensiun jadi pilihan.

Terkadang ini menjadi hal yang langsung terjadi karena tekel kontroversial atau masalah lain di lapangan, sementara dampaknya pun bisa membuat performa pemain menurun drastis.

Ketika berbicara tentang usia, ini adalah faktor lain yang bervariasi dari setiap pemain. Kiper biasanya bertahan lebih lama daripada pemain lain karena tekanannya berbeda.

Sedangkan pemain bertahan tidak perlu sebugar gelandang yang sering kali menjadi pemain terkuat secara fisik di lapangan. Dan terakhir ada penyerang dengan usia tua yang biasanya mengalami penurunan fisik saat berlari, meskipun visi atau finishing adalah faktor paling penting.

Melihat berbagai hal di atas, yang jadi pertanyaan adalah apa saja pekerjaan selanjutnya bagi pesepakbola yang memutuskan pensiun?

Pelatih

Ini adalah pekerjaan yang umumnya diambil mantan pesepakbola. Biasanya mereka yang mengambil pekerjaan ini karena tidak bisa lepas dengan rutinitas dan gairah sepak bola di atas lapangan.

Namun menjadi pelatih tidak seperti saat menjadi pemain aktif karena harus memiliki strategi khusus seperti membaca situasi hingga manajemen manusia agar tim yang dilatih tetap kompak. Kemudian eks-pemain yang ingin melatih juga perlu mengambil lisensi khusus.

Biasanya bagi pelatih pemula, mereka menjadi pelatih di tim akademi atau tim muda klub. Atau bisa juga memulai karir kepelatihan dari klub kecil yang tidak memberi banyak tekanan juara. Tidak lupa menjadi asisten pelatih adalah jalan karir yang menjanjikan.

Baca juga :  Hasil Leg Kedua Babak 32 Liga Europa

Peran di manajemen klub

Tidak semua eks-pemain percaya bahwa mereka cocok untuk menjadi pelatih, tetapi mereka masih ingin ikut serta dalam menjalankan keseharian klub. Saat ini banyak klub menggunakan eks-pemain dalam peran duta besar, mengirim mereka ke pertemuan dengan UEFA, FIFA dan organisasi perwakilan lainnya untuk hal-hal seperti undian turnamen atau pertemuan eksekutif.

Peran lain yang bisa menjadi tujuan eks-pemain adalah pencari bakat. Mereka mungkin tidak percaya bahwa mereka dapat melatih seorang pemain tetapi mereka merasa punya kemampuan untuk menemukan pemain yang bagus.

Sedangkan untuk posisi yang jauh lebih tinggi, eks-pemain yang punya kemampuan lebih bisa menjabat sebagai direktur hingga wakil presiden klub. Bahkan bisa pula menjadi pemilik atau presiden klub seperti David Beckham dan Inter Miami-nya.

Pundit

Ketika berbicara tentang sepak bola, siapapun bisa menyatakan pendapat. Selain bergabung dengan staf pelatih, menjadi pundit adalah salah satu jalan paling umum bagi karir eks-pemain.

Baca juga :  Preview Premier League: City Incar Arsenal Untuk Lanjutkan Winning Streak

Gary Neville (Manchester United) dan Jamie Carragher (Liverpool) adalah contoh dan mereka berhasil menjadi pandit televisi atau radio sejak pensiun.

Bukan hanya saluran olahraga yang membutuhkan eks-pemain untuk memberikan pendapat. Saat ini, seiring dengan perkembangan media klub, eks-pemain dapat berbicara di radio, menulis untuk situs resmi atau hadir di televisi yang dimiliki dan dioperasikan oleh klub.

Jurnalis sepak bola

Contoh terakhir dari pekerjaan yang mungkin dilakukan oleh eks-pemain tidak berbeda dengan yang sebelumnya. Banyak surat kabar yang menggunakan mantan pesepakbola profesional untuk mengisi kolom mereka atau yang lebih populer menjadi jurnalis untuk kolom media online. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...