Home Nasional Setelah Sirkuit MotoGP Mandalika Terealisasi, Sekarang Giliran Sirkuit F1 di Bintan

Setelah Sirkuit MotoGP Mandalika Terealisasi, Sekarang Giliran Sirkuit F1 di Bintan

TELENEWS.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno direncanakan untuk datang dalam groundbreaking pembangunan sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau pada 17 Maret 2022 mendatang. Rencananya sirkuit internasional tersebut akan dibangun di kawasan wisata Lagoi Bintan.

Rencana pembangunan sirkuit F1 ini diinisiasi atas hasil rapat terbatas antara Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dengan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo serta beberapa investor lain. Adapun rapat tersebut diadakan pada 6 Maret 2022 lalu.

Ansar Ahmad menjelaskan sebelum acara groundbreaking diadakan pada 17 Maret 2022 mendatang, Pemerintah daerah kepulauan riau bersama seluruh investor akan mengadakan rapat final yang diadakan di Jakarta. Dalam rapat ini, Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno dipastikan akan hadir.

Ansar juga menerangkan bahwa tujuan dari pembangunan sirkuit F1 ini salah satunya adalah untuk merealisasikan pemerataan ekonomi dan pembangunan. Sirkuit F1 dan acara internasional balap mobil F1 ini tentunya akan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Riau dan membantu perputaran roda ekonomi daerah.

Ketua IMI, Bambang Soesatyo menjelaskan, sejauh ini, rencana pembangunan sirkuit F1 sudah mendapat peninjauan langsung dari tim konsultan Inggris, Populous. Populous sendiri diketahui sudah banyak membangun arena motorsport di beberapa negara.

Rencana pembangunan sirkuit masih dalam proses kajian oleh Detail Engineering Design (DED) terkait masalah tanah dan kondisi alam. DED dari sirkuit F1 ini sama dengan standar DED dari sirkuit MotoGP Mandalika.

Diharapkan sirkuit F1 ini nantinya akan seperti Sirkuit MotoGP di Mandalika, Sulawesi Tengah. Dimana sirkuit akan menyajikan pertandingan yang menarik dipadukan dengan pemandangan yang sangat indah di sekitarnya. Sirkuit MotoGP Mandalika sendiri dinobatkan sebagai sirkuit terindah oleh MotoGP Internasional.

Baca juga :  PAN minta DPR Fokus Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

PT Bintan Cakrawala Resort (BRC) telah memastikan pembangunan akan dilakukan di atas lahan seluas 100 hektar. Rencananya akan ada dua area yang disediakan yaitu danau Lagoi Bay, dan di bagian belakang pantai pasir panjang yang akan langsung menyuguhkan pemandangan laut. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...