Home Daerah Sidak ke Banjarnegara yang Izinkan Warganya Hajatan, Ganjar Titip Pesan Begini

Sidak ke Banjarnegara yang Izinkan Warganya Hajatan, Ganjar Titip Pesan Begini

TELENEWS.ID – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sedang sigap dalam melaksanakan Inspeksi Mendadak atau sidak ke berbagai daerah, kali ini menyambangi Banjarnegara, daerah ini sempat viral karena bupatinya beri izin pada warga untuk melakukan hajatan asalkan izin.

Ternyata Ganjar menemukan adanya peningkatan kasus aktif covid-19 yang mulai naik secara eksponensial. Hal ini semakin dikuatkan dengan sidak yang dilakukan Ganjar pada dua rumah sakit yang menjadi rujukan pasien covid-19 di Banjarnegara, RI Banjarnegara dan RSUD Hj Anna Lasmanah pada Kamis (08/07/2021).

Ternyata benar telah terjadi peningkatan kasus covid-19 secara massive, ini terlihat dari catatan bed occupancy ratio (BOR) pada dua rumah sakit tersebut yang sudah mulai penuh, bahkan untuk ruangan khusus isolasi pasien covid-19 semakin penuh.

Sedangkan ICU di RSUD Banjarnegara sudah mulai penuh, bahkan di pagi hari ketiga tempat yang kosong langsung segera terisi. Hal ini membuat Ganjar memberikan pesan tegas dan cepat untuk ambil tindakan, kondisi ini sudah mulai masuk tahapan gawat dan harus disikapi dengan serius.

“Itu loncengnya sudah harus dibunyikan. Jadi kalau nanti ada yang merasa ‘Ah tempat kami baik-baik saja’. enggak ada yang baik-baik sekarang, seluruh Jawa-Bali tidak baik-baik. Sekarang musti kita segera kerjakan bersama” pesan Ganjar tegas.

Bukan itu saja, Ganjar segera meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara untuk mulai menyisir kembali ketersediaan tempat isolasi bagi pasien covid-19 dan mulai mempersiapkan tambahan fasilitas untuk merawat pasien covid-19 yang bisa tiba-tiba datang dalam jumlah besar.

Ganjar meminta untuk membuat list mana saja rumah sakit yang bisa jadi rujukan penanganan covid-19, sehingga nanti mudah dalam koordinasi. Setelah itu mulai membagi tugasnya masing-masing, hitung kapasitas yang bisa dibebankan pada rumah sakit tersebut, setelah itu lihat ekstensinya sampai berapa.

Baca juga :  Bertahun-Tahun Makan Gaji Buta, Ratusan ASN Mimika Terancam Dipecat

Selain itu, Ganjar berpesan, jangan tunggu sampai terjadi lonjakan, rumah sakit tidak pernah siap dengan hal tersebut. Sebaiknya mulai kalkulasi kemampuan rumah sakit rujukan saat itu, untuk mengatasi terjadi lonjakan jumlah pasien covid-19 yang diprediksi masih bisa mengalami peningkatan.

Ganjar bahkan memberikan uluran tangan untuk penanganan pada Pemkab Banjarnegara, jika memang tidak mampu melakukan hal tersebut, segera lapor pada provinsi. Nanti ada team yang akan langsung backup, jika memang provinsi tidak sanggup, maka nanti akan ada laporan langsung ke pusat. Semua akan mendapatkan respons segera.

Bukan itu saja, Ganjar juga berpesan agar Banjarnegara belajar dari pengalaman buruk yang terjadi di Kabupaten Kudus, dimana sekarang kondisi sudah mulai melandai sekalipun belum lepas dari status gawat, namun sudah mulai bagus. Hal utama untuk atasi lonjakan pasien covid-19 adalah menyiapkan rumah sakit covid-19 dengan baik dan memadai agar yang butuh pertolongan bisa segera ditangani.

Baca juga :  Bertahun-Tahun Makan Gaji Buta, Ratusan ASN Mimika Terancam Dipecat

Kondisi di masing-masing rumah sakit di Jawa Tengah masih sangat memprihatinkan, pasalnya hampir semua BOR penuh dan semakin banyak pasien yang datang setiap harinya. Bahkan tidak jarang ditemukan kasus pasien terlambat mendapatkan penanganan hingga meninggal sebelum mendapatkan bantuan medis. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...