Home Daerah Bali Sidak ke Swalayan, Bupati Klungkung Minta Utamakan Penjualan Produk Lokal

Sidak ke Swalayan, Bupati Klungkung Minta Utamakan Penjualan Produk Lokal

Ilustrasi

TELENEWS.id, BALI–  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah swalayan, toko modern pada Selasa (18/8/2020).

Suwirta mengatakan, kegiatan itu dilakukan guna memastikan penerapan Pergub Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Selain itu, kaya Suwirta, sidak ini juga menindaklanjuti soal  hasil rapat dengan pengelolahan swalayan maupun toko modern yang sudah sepakat menjual produk lokal.

Dia mengungkapkan, sudah ada yang taat menjual produk lokal, terutama yang di miliki koperasi dan benar-benar dikelola dengan manajemen lokal. Namun masih ada yang belum taat.

Kemudian ,masih ada juga  swalayan  milik orang lokal, dengan manajemennya toko modern berjejaring , menjual produk lokal seperti garam beryodium, Uyah Kusamba. Hanya saja produk itu tidak masuk data base. Dia menduga toko modern itu hanya sebatas mengikuti aturan saja dan tidak serius menyalurkan produk lokal.

“Jadi hanya sekedar menyenangkan kita saja,” kata Suwirta saat didampingi Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdangan Kabupaten Klungkung I Wayan Ardiasa.

Tidak hanya itu , Suwirta meminta agar pengelola swalayan, toko modern agar lebih serius memasarkan produk lokal.

Dia juga menghimbau agar menempatkan rak gondola secara khusus untuk produk lokal dengan keterangan lengkap bahwa ini produk lokal.

“Mereka harus membina UMKM agar produk lokal layak untuk masuk pasar modern,” terangnya.

Suwirta mengingatkan, sesuai aturan, seharusnya memasarkan 20 persen produk lokal. Hanya saja, kuota tersebut belum tentu bisa dipenuhi oleh UMKM lokal. Belum semua produk bisa masuk pasar modern. Bisa karena izin, kemasan atau hal lain.

“Peluang ini sebenarnya bisa ditangkap oleh UMKM kita. Pada saat keberpihakan kita kepada masyarakat lokal, maka masyarakat lokal harus lebih proaktif membuat produk,” tegasnya (Richardo)

Baca juga :  Telkomsel Beri Paket Data Gratis Untuk Pekerja Wisata dan ASN Bali
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...