Home Travel Destinasi Sigale-gale, Boneka Kayu Penuh Mistis di Samosir (Bag. 3)

Sigale-gale, Boneka Kayu Penuh Mistis di Samosir (Bag. 3)

TELENEWS.ID – Suku Batak adalah salah satu suku di Indonesia yang mempertahankan kebudayaan dan adat istiadatnya hingga kini. Khususnya di Pulau Samosir, pulau vulkanik nan cantik yang berada di tengah Danau Toba ini juga menyimpan legenda Sigale-gale. 

Sigale-gale, boneka kayu asal Sumatera Utara yang penuh mistis ini berada di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Desa Tomok adalah pintu gerbang wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir dari Pelabuhan Ajibata, Parapat. Desa ini juga memiliki ciri khas seperti desa-desa lainnya di Pulau Samosir, yaitu menyimpan situs sejarah yang masih terjaga seperti makam tua Raja Sidabutar dan keluarganya, Gereja Tua, Museum Batak, Patung Sigale-gale, Batukursi Tomok, hingga patung gajah purba. 

Selain bertani dan berdagang, masyarakat Desa Tomok juga menggantungkan hidupnya dari sektor pariwisata. Banyak wisatawan mancanegara berkunjung ke desa ini. 

Selain di Desa Tomok, pertunjukan Sigale-gale yang menarik wisatawan ini juga digelar di Museum Huta Bolon Desa Simanindo dan di dua tempat lain di wilayah Pulau Samosir. 

Konon, Sigale-gale dibuat berawal dari kisah kerinduan seorang Raja terhadap anaknya yang telah mati berperang, maka diperintahkan lewat penasehatnya seorang dukun untuk membuat patung yang menyerupai anaknya. Setelah patung dibuat, maka diselenggarakan upacara pemanggilan roh anak sang Raja untuk masuk ke dalam patung tersebut. Upacara ini dipercaya untuk perjumpaan sang Raja dengan anaknya yang telah mati. Upacara dilaksanakan dengan diiringi Gondang Sabangunan, yaitu seperangkat gendang dan gong yang merupakan instrumen musik khas Batak dan tari tortor, yaitu tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang, bermakna untuk ritual, penyemangat jiwa dan menghibur. 

Sejak saat itu, upacara pemanggilan roh ke dalam boneka Sigale-gale dilakukan untuk menghibur mereka yang tidak memiliki keturunan. 

Baca juga :  Ayo Liburan ke Malta! Bonus 200 Euro Menanti Anda!

Boneka Sigale-gale ini juga sebagai pelaksanaan upacara kematian di daerah Samosir. Upacara dilakukan dengan iringan gondang sabangunan dan tarian tortor yang dilakukan oleh anak laki-laki dari keluarga terdekat. Tarian ini dipercaya untuk mengantarkan arwah mendiang keluarga. Jika keluarga tidak memiliki anak laki-laki, maka boneka Sigale-gale dianggap sebagai pengganti anak laki-lakinya.

Konon kabarnya, patung ini bisa menangis dan menari sendiri tanpa iringan gondang sabangunan. Ada juga yang mengatakan, siapa pun yang membuat Sigale-gale harus bisa menyatu jiwanya dengan boneka kayu buatannya, agar boneka tersebut bisa bergerak layaknya manusia. Artinya, si pembuat akan meninggal setelah membuat boneka Sigale-gale.

Oleh karena itu, pembuatan boneka Sigale-gale harus terpisah, misalnya ada yang membuat bagian tangan, kaki, badan dan kepala. Dengan cara ini, memperkecil kemungkinan tumbal yang berjatuhan.

Namun saat ini, pertunjukan Sigale-gale tidak lagi bergerak dengan sendirinya lewat pemanggilan roh, tetapi digerakkan oleh satu sampai tiga dalang dengan tali di belakangnya. Walau begitu, pertunjukkan ini tetap menarik dan tidak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Pulau Samosir. 

Baca juga :  Fantastis! Dana Infrastruktur di 5 Destinasi Wisata Super Prioritas

Pada tahun 2019 lalu, diadakan Sigale-gale Carnival di Pulau Samosir dengan tema The BeaSamosiruty of Ulos yang ditujukan untuk mempromosikan budaya masyarakat Batak kepada wisatawan serta untuk memperkaya atraksi wisata di wilayah Danau Toba dan sekitarnya. Selama ini kemasyuran nama Sigale-gale menjadi identitas dan simbol budaya masyarakat Batak Samosir. 

Dalam karnaval menampilkan patung Sigale-gale raksasa yang juga bisa bergerak mengikuti irama gondang. Selain itu, dalam karnaval juga mengangkat kain Ulos yang merupakan bagian tak terpisahkan dari budaya Batak.

Penulis: Dwi Eppy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...