Home Daerah Siliwangi Bogor Ngahiji Mempertahankan Kebudayaan Sunda Lewat Komunitas

Siliwangi Bogor Ngahiji Mempertahankan Kebudayaan Sunda Lewat Komunitas

TELENEWS.ID – Perkembangan teknologi yang ada sekarang ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri akan generasi muda yang kehilangan identitas budayanya. Dengan adanya kemajuan zaman, tradisi atau budaya yang sudah melekat sejak dulu seolah seperti hilang tergerus oleh teknologi yang ada seperti sekarang ini. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kelompok budayawan Sunda membentuk sebuah komunitas SBN atau Siliwangi Bogor Ngahiji.

Dengan adanya perkumpulan ini, diharapkan bisa menjalin persatuan, tidak hanya di wilayah Jawa Barat saja yang notabene merupakan wilayah yang memiliki mayoritas suku Sunda, namun juga dari wilayah lain yang ingin mempelajari kebudayaan Sunda lewat ajang silaturahmi dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Santunan Anak Yatim Piatu oleh Siliwangi Bogor Ngahiji 16/11/2021

Hal itu yang dikemukakan oleh ketua dari SBN itu sendiri, Ustadz Anwar atau yang dikenal dengan Abah Gebrak dalam sebuah kegiatan bakti sosial santunan anak Yatim Piatu dan Milad SBN Ke 2 yang diselenggarakan pada Selasa (16/11/2021) di Bogor, Jawa Barat.

“Tujuan dari didirikannya komunitas ini untuk menyatukan semua orang-orang tidak dari suku Sunda saja secara khusus, namun juga dari seluruh Indonesia walaupun berbeda suku, berbeda agama. Oleh karenanya saya mendirikan komunitas ini juga supaya kebudayaan nusantara, khususnya dari Sunda tetap terjaga meskipun dengan adanya kemajuan teknologi.” Ujar Ustadz Anwar dalam sebuah sesi wawancara kepada Telenews.id.

Dalam acara tersebut juga diadakan santunan untuk anak Yatim Piatu yang berdomisili di sekitar lokasi penyelenggaraan acara. Diharapkan, dengan adanya santunan ini bisa sedikit membantu kondisi perekonomian warga sekitar, terlebih lagi saat ini masih dalam masa pandemi yang membuat kondisi perekonomian warga jadi terganggu dengan adanya keterbatasan.

Penampilan kesenian debus menjadi salah satu sesi acara yang paling banyak ditunggu. Atraksi debus yang dilakukan oleh Padepokan Ki Seeng ini bertujuan untuk melestarikan kebudayaan dari masyarakat Jawa Barat itu sendiri, dan bukan bermaksud untuk menunjukkan kekukatan atau kelebihan dari seorang individu.

Baca juga :  Menteri Trenggono Akan Bangun Kebun Raya Hutan Mangrove di Pariaman

Dalam pertunjukkan debus tersebut juga dilakukan oleh anak-anak muda yang sudah terlatih agar generasi berikutnya tidak melupakan kebudayaan dan juga radisi yang sudah ada sejak dulu meskipun saat ini sudah tergerus oleh kemajuan zaman. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...