Home Gaya hidup Simak di Sini, 5 Cara Mudah agar Tubuh Tetap Langsing Meski Doyan...

Simak di Sini, 5 Cara Mudah agar Tubuh Tetap Langsing Meski Doyan Ngemil!

TELENEWS.ID – Siapa yang hobi ngemil tapi ingin kurus? Agaknya banyak orang yang membayangkan bebas ngemil sepuasnya namun tubuh tetap langsing terjaga. Hal ini umumnya dialami oleh kaum Hawa yang mendambakan punya tubuh langsing, namun sulit untuk menghentikan kebiasaan ngemil.

Ngemil memang menjadi kebiasaan yang menyenangkan. Sambil bekerja, menonton TV atau bahkan mengobrol, tak lengkap rasanya tanpa mengunyah makanan baik yang manis atau gurih. Namun tentu saja kita semua tahu kebiasaan ngemil apalagi makanan yang tidak sehat dan cenderung berlemak, bisa membuat berat badan naik secara drastis.

Karena itulah banyak orang yang kemudian berhenti ngemil, saat memulai program diet atau penurunan berat badan mereka. Padahal menurut Samantha Finkelstein, R.D., pendiri Nerdy Girl Nutrition; ngemil sebenarnya bisa membantu untuk menurunkan berat badan juga. Artinya sebenarnya kamu masih boleh dan tetap bisa ngemil, namun berat badan juga akan turun dan tak khawatir untuk gemuk lagi.

“Orang yang mencoba menurunkan berat badan mungkin ingin melewatkan ngemil untuk mengurangi kalori, tetapi kemudian mereka cenderung menjadi lebih lapar di antara waktu makan,” kata Samantha. “Setiap kali gula darah turun dan kamu menjadi lapar, lebih sulit untuk membuat pilihan makanan yang sehat” tambahnya lagi.

Ini artinya ngemil sebenarnya membantu untuk menstabilkan gula darah, dan mengatasi kamu makan secara berlebihan. Namun tentu saja ada caranya untuk ngemil yang sehat, namun tak bikin badan melar. Lalu bagaimana ya caranya?

  1. Ganti camilanmu
    Buang produk-produk yang dikemas dan diproses dengan lemak tinggi, garam atau gula. Sebagai gantinya, masukkan lebih banyak makanan utuh ke dalam camilan. “Gunakan camilan sebagai cara untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang” kata Lindsey Joe, RDN, LDN. “Besar kemungkinan kamu tidak mendapatkan porsi buah dan sayuran yang cukup dari hari ke hari. Gunakan camilan sebagai cara untuk meningkatkan asupan sayur dan buah. Makanan jenis ini secara alami bebas lemak, rendah kalori, dan penuh serat” tambahnya lagi.
  2. Pilih camilan sehat dengan nutrisi seimbang
    Ngemil untuk menurunkan berat badan, bisa sedikit ribet karena kamu harus mencari tahu keseimbangan yang tepat dari apa yang dibutuhkan tubuh. Tetapi ahli diet memiliki beberapa panduan yang bermanfaat. “Periksa label nutrisi dari apa yang kamu makan, atau cari informasinya secara online,” kata Brigitte Zeitlin, R.D., M.P.H., C.D.N., pendiri BZ Nutrition di New York. “Usahakan untuk memenuhi 3 gram atau lebih serat dan setidaknya 5 gram protein. Jaga natrium di bawah 170 miligram per camilan, dan batasi gula hingga 5 gram atau lebih sedikit,” kata Zeitlin lagi.
  3. Jangan menunggu terlalu lapar untuk makan camilan
    Kamu boleh makan camilan kesukaanmu, asal tidak berlebihan dan masih memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karena itulah hindari ngemil ketika kamu benar-benar merasa lapar. Penelitian menunjukkan bahwa orang makan lebih banyak camilan berkalori tinggi ketika mereka belum makan sepanjang sore. Hindari kalap ngemil rasa lapar melanda, terutama jika sudah lama sejak terakhir kali kamu makan. Isi kembali energi, dengan camilan kecil yang mengenyangkan setiap tiga hingga empat jam sekali.
  4. Perhatikan porsi camilanmu
    Ingat, camilan seharusnya membantu menangkal rasa lapar di antara waktu makan, bukan menggantikan waktu makan. Pastikan untuk menikmati makanan ringan secukupnya. Kamu harus memperhatikan kesadaran ukuran porsi makanan ringan yang tepat, dan dapat membantu menangkal rasa lapar. Jangan sampai kamu kalap, dan mengkonsumsi camilan dalam jumlah besar serta berlebihan.
  5. Siapkan snack sehat sebelumnya
    Untuk menangkal kamu ngemil terlalu banyak dan berlebihan, ada baiknya kamu sudah mempersiapkan snack yang ingin kamu konsumsi sebelumnya. Masukan dalam wadah sesuai dengan porsi dan kalorinya. Jangan lupa untuk mengombinasikan dengan buah dan sayuran segar atau makanan sehat lain seperti keju, oat, yogurt dan sebagainya. Hal ini untuk menghindari kamu kalap ngemil, dan bisa langsung mengkonsumsi snack yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.
Baca juga :  Lindungi Buah Hati, 6 Ciri Predator Seksual yang Harus Diketahui Setiap Orangtua
Baca juga :  Lindungi Buah Hati, 6 Ciri Predator Seksual yang Harus Diketahui Setiap Orangtua

Itulah 5 tips ngemil namun badan tetap langsing dan tak lagi khawatir gemuk. Selamat mencoba! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...