Home Daerah Siswa MTs di Kotamobagu Tewas Di-bully, Kenali 5 Tanda Anak Jadi Korban...

Siswa MTs di Kotamobagu Tewas Di-bully, Kenali 5 Tanda Anak Jadi Korban Bully di Sekolah

TELENEWS.ID – Dugaan bullying yang menyebabkan tewasnya seorang siswa MTs di Kotamobagu, Sulawesi Utara membuat miris banyak pihak. Bagaimana tidak jika anak-anak MTs (setara dengan SMP) bisa melakukan tindakan keji hingga merenggut nyawa temannya sendiri.

Publik juga dibuat tercengang dengan aksi sadis para pelaku yang konon mengikat, menutup mata kemudian memukul dan menendang korban yang tak berdaya. Tak pelak pihak berwajib pun akhirnya ikut turun tangan dan mengamankan beberapa siswa yang diduga sebagai pelaku.

“Dari hasil pemeriksaan, penyidik menduga ada beberapa pelajar sebagai pelakunya. Namun karena masih di bawah umur, sehingga para pelaku masih dalam pengawasan orang tua sambil menunggu proses penyidikan selesai” ujar Kasi Humas Polres Kotamobagu, Iptu I Dewa Dwi Adyana.

Bullying yang terjadi pada anak di sekolah memang selalu membuat kita mengelus dada. Sayangnya tak hanya pihak sekolah, orangtua juga kadang tak menyadari bahwa buah hati mereka telah menjadi korban bully di sekolah. Ini karena ada beberapa anak yang memilih diam dan tak menceritakan kekerasan yang mereka alami baik pada pihak sekolah atau keluarga.

Namun jika jeli, orangtua bisa melihat bahwa si kecil mengalami bullying di sekolah dengan beberapa tanda berikut ini:

  1. Anak mendadak enggan pergi sekolah
    Orangtua perlu curiga saat anak yang biasanya semangat, mendadak malas-malasan, enggan atau bahkan mencari alasan untuk tidak pergi ke sekolah. Donna Clark-Love, pakar intimidasi sekolah dan penasihat pencegahan bullying di Houston, Texas, menyarankan orangtua agar memperhatikan tanda ini terutama di awal minggu. “Senin adalah hari yang paling umum untuk menghindari sekolah,” katanya. “Anak-anak cenderung merasa lebih aman di rumah pada akhir pekan, dan gagasan untuk kembali sekolah pada hari Senin terasa menakutkan bagi mereka” tambahnya lagi.
  2. Sering merasa sakit perut dan sakit kepala
    Sakit kepala dan sakit perut adalah manifestasi fisik umum dari stres dan kecemasan yang terkait dengan tanda-tanda bullying. Mereka juga bisa menjadi penyakit yang dijadikan alasan untuk tidak pergi ke sekolah. Jika anak mengeluhkan gejala-gejala ini secara teratur, bicarakan dengan mereka tentang hal itu. Tanyakan pada mereka apakah ada sesuatu yang terjadi di sekolah sehingga membuat mereka mendadak sering mengalami pusing dan sakit perut.
  3. Mereka mengalami gangguan tidur
    Jika seorang anak gugup atau cemas tentang apa yang mungkin terjadi keesokan harinya di sekolah, mereka bisa mengalami kesulitan tidur, atau gelisah. “Jika seorang anak tampak lebih lelah saat sarapan atau hanya terlihat lebih lelah dari biasanya, itu bisa menjadi tanda mereka mengalami kesulitan tidur di malam hari,” kata Bailey Lindgren, rekanan di Parent Advocacy Coalition for Educational Rights (PACER) National Bully Prevention Center.
  4. Menarik diri dari keluarga dan sering bertengkar dengan saudara
    Orangtua perlu mewaspadai jika anak mereka yang selalu ceria, mendadak menjadi pendiam dan bahkan menarik diri dari keluarganya. “Jika seorang anak tidak banyak bicara seperti biasanya, atau jika mereka langsung pergi ke kamar sepulang sekolah, itu bisa menjadi hal yang harus diwaspadai,” kata Lindgren. Mendadak sering bertengkar dengan saudara kandung juga bisa menjadi tanda bullying yang berkepanjangan. Dalam beberapa kasus, korban bullying akan melepaskan mencari pelampiasan dan menjadi reaktif dengan saudara kandung dan anak-anak lain.
  5. Baju yang sobek, alat sekolah hilang dan luka fisik
    Ini adalah tanda fisik yang seharusnya membuat orangtua semakin waspada dengan kemungkinan anak menjadi korban bully di sekolah. Sayangnya terkadang anak merasa takut atau ragu bercerita kepada orangtuanya saat ditanya mengenai luka fisik yang mereka alami. Jika sudah begini, orangtua perlu sabar dan memastikan anak aman dan nyaman untuk bicara. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  3 Skincare Pria Untuk Wajah Lebih Segar dan Sehat
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...