Home Nasional Politik Skenario Capres-Cawapres dari PAN Akhirnya Terdengar

Skenario Capres-Cawapres dari PAN Akhirnya Terdengar

TELENEWS.ID – Sejumlah partai besar sudah menyatakan dukungannya untuk beberapa nama besar yang digadang-gadang menjadi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung dalam pemilu presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Sebut saja partai Nasdem memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Jenderal TNI Andika Perkasa. Partai Golkar memberikan dukungan kepada ketua umum partainya, Airlangga Hartanto, Partai Gerindra kepada ketua umumnya, Prabowo Subianto. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga kepada ketua umumnya, Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Lalu ada Partai Demokrat yang belum beranjak dukungannya dari putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Serta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) kepada Puan Maharani.

Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya juga akan mengumumkan nama capres dan cawapres yang akan diusungnya pada pemilu 2024 mendatang. Pada rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan diadakan pada 26 Agustus 2022, PAN telah menyiapkan 6 nama tokoh yang akan didukung dalam pemilu mendatang. Antara lain Zulkifli Hasan, Airlangga Hartanto, dan Suharso Monoarfa (Ketua Umum PPP). Ketiga tokoh ini mendapat dukungan utama dikarenakan merupakan ketua umum dari ketiga partai yang tergabung dalam koalisi Indonesia bersatu (KIB) yang telah dibentuk.

Sementara tiga nama lain adalah ketua DPR RI, Puan Maharani, Menteri BUMN, Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Nantinya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat kabupaten akan mengusulkan nama ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) tingkat provinsi. Setiap DPD akan memberikan 10 nama kepada DPW, DPW akan mengusulkan 8 nama kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang akan menjadi 6 nama pada Rakernas mendatang.

Baca juga :  Zulfikar : Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Penjara 1 Tahun atau Denda 100 Juta Rupiah

Selanjutnya nama yang telah didapat dalam Rakernas PAN, akan dibawa dan didiskusikan dalam pertemuan koalisi KIB. Ketua DPP PAN, Bima Arya Sugiarto menjelaskan capres dan cawapres yang diusung oleh PAN nantinya harus memiliki 5 kriteria. Antara lain memiliki karakter nasionalis dan religius. Memiliki rekam jejak kepemimpinan baik legislatif maupun eksekutif. Selanjutnya, tokoh yang diusung PAN harus memiliki keberpihakan pada generasi muda dan visioner. Harus memiliki perspektif nusantara dan memajukan produk dalam negeri agar Indonesia mampu menjadi negara yang mandiri secara perkembangan ekonomi. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...