Home Kesehatan Kecantikan Soda Kue untuk Jerawat, Aman Kah?

Soda Kue untuk Jerawat, Aman Kah?

TELENEWS.ID – Soda kue sering kali disebut-sebut menjadi alternatif obat jerawat do-it-yourself (DIY) ampuh. Bahkan, tak sedikit orang yang menggunakannya sebagai masker dalam rutinitas mingguan untuk mengusir jerawat dan komedo yang tak kunjung hilang.

Cara pemakaiannya pun bermacam-macam. Ada yang mencampurnya dengan yogurt, madu, bubuk kunyit, atau sekedar mencampurnya dengan air hangat biasa.

Para produsen skincare juga dengan cepat memanfaatkan tren soda kue dan menjadikannya bahan campuran dalam produk-produk mereka.

Namun, apakah benar soda kue mampu secara klinis aman dan efektif untuk mengusir masalah jerawat dan komedo?

Menurut pakar dan dermatolog asal Amerika Serikat, Dr. Marnie Nussbaum dan Dr Annie Gonzales, menggunakan bahan-bahan makanan untuk dipakai di wajah sebagai skincare DIY perlu perhatian khusus yang tidak boleh dianggap remeh. Walaupun soda kue dapat dibilang memiliki manfaat sebagai solusi jerawat, namun tetap pada prinsipnya soda kue bukanlah obat terbaik yang diperuntukkan untuk jerawat.

Tak hanya sebagai obat jerawat, soda kue juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan shampo kering, rendaman kaki, pasta gigi dan bahkan sebagai bahan utama pembuatan deodoran alami. Namun tetap, penggunaan soda kue harus dibatasi dan tidak boleh sembarangan, terlebih jika soda kue belum diolah secara klinis untuk penggunaan di kulit wajah.

Soda kue, atau sodium bicarbonate, adalah komposisi kimia yang tergolong dalam kategori garam. Garam versi soda kue ini terbentuk dari natrium kation dan anion bikarbonat. Dr. Nussbaum menjelaskan, soda kue memiliki sifat alkali, atau basa, dan sifat inilah yang dinilai bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat. Dengan sifat basanya tersebut, soda kue mampu menetralkan zat asam yang ada pada tubuh, baik dari luar maupun dari dalam.

Tingkat keasaman (pH) memiliki skala dari 0 hingga 14. Angka 7 menunjukkan sifat netral. Angka di bawah 7 bersifat asam, dan angka di atas 7 memiliki sifat basa. Artinya, semakin rendah nilainya, semakin asam sifatnya, dan begitupun sebaliknya.

Dr. Nussbaum mengatakan, kulit manusia secara alamiah dan yang tergolong sehat bersifat asam dengan tingkat pH di angka 4.5 hingga 5.5. Dengan tingkat keasaman ini, kulit dapat memelihara kelembapannya dan melindungi dirinya dari bakteri dan polusi.

Namun, jika suatu waktu kulit menjadi lebih asam dari biasanya (pH di bawah 4.5) maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan membuahkan jerawat. “Dalam kasus ini, sifat basa alami pada soda (pH alami di angka 9) kue dapat membantu menetralkan kulit dan mengembalikan pH ke angka 4.5-5.5,” kata Dr. Nussbaum menambahkan.

Baca juga :  Efek Minuman Beralkohol pada Kulit

Selain sifat basanya, soda kue juga dapat membantu menguatkan respon anti inflamasi pada tubuh kita. Ketika kulit memiliki kemampuan anti inflamasi yang baik, maka jerawat meradang dapat lebih cepat dinetralkan dan disembuhkan. Hal ini dijelaskan oleh Dr. Gonzales.

Efek Samping Penggunaan Soda Kue

Dr. Nussbaum memperingatkan, karena soda kue sangat basa, bahan makanan tersebut dapat dengan mudah mengganggu tingkat pH alami kulit kita dengan menghilangkan minyak alami secara berlebihan. Sehingga, kulit menjadi sangat kering, sensitif dan berujung pada iritasi dan peradangan.

Kekeringan pada kulit dapat menyebabkan garis-garis halus (penuaan dini) dan bahkan memperparah kondisi jerawat yang ada. Hal ini karena kulit yang terlalu basa menjadi lebih rentan terhadap jerawat, Dr. Gonzales menambahkan. Lagi pula, kulit yang terlalu kering justru lebih mudah memiliki masalah, dibandingkan dengan kulit berminyak.

Baca juga :  Tak Perlu Minder, Ternyata Inilah 6 Mafaat Memiliki Rambut Pendek Seperti Lisa Blackpink

Jika tetap ingin mencoba soda kue sebagai obat darurat jerawat, cobalah dengan takaran seminimal mungkin. Dr. Nussbaum menyarankan untuk mencampur dua sendok teh soda kue dengan sedikit air hangat untuk membentuk konsistensi seperti pasta. Pasta ini bisa dipakai sebagai spot treatment, atau obat totol jerawat. Cara memakainya pun harus di bagian yang berjerawat saja. Diamkan selama 10 menit dan basuh dengan air hangat.

Perlu diingat, jika ingin aman, penggunaan soda kue hanya boleh dilakukan seminggu sekali. Dan karena soda kue juga bisa mengeksfoliasi lapisan kulit terluar, kulit menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setelahnya, Dr. Nussbaum menambahkan.

Singkatnya, soda kue memang membawa sedikit manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas. Manfaatnya memang ada, tapi efektivitasnya tergolong kecil dibandingkan zat-zat aman lainnya yang memang khusus diformulasikan untuk memerangi jerawat. Itulah sebabnya kedua dermatolog di atas tidak merekomendasikan soda kue sebagai bahan DIY dan menjadikannya rutinitas skincare. Apalagi memakainya di atas kulit yang memang berjenis kering dan rentan sensitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...