Home Olah Raga Solo Jadi Tuan Rumah Pesta Turnamen Olahraga Atlet Disable ASEAN 2022

Solo Jadi Tuan Rumah Pesta Turnamen Olahraga Atlet Disable ASEAN 2022

TELENEWS.ID – Pesta turnamen olahraga se-Asia Tenggara khusus atlet disable resmi di gelar pada 30 Juli 2022 kemarin dengan pembukaan yang cukup meriah. Tahun ini, Indonesia dengan bangga menjadi tuan rumah dan Solo serta Semarang menjadi lokasi diselenggarakannya ASEAN Para Games 2022. Turnamen ini akan diselenggarakan hingga 6 Agustus 2022 mendatang dengan total 14 cabang olahraga.

ASEAN Para Games 2022 ini merupakan perayaan ke-11 kalinya yang diselenggarakan di Solo (Surakarta) dengan dua lokasi pendukung lain yaitu Karanganyar dan Semarang. Fakta menarik dari penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini adalah seharusnya bukan Indonesia yang mendapatkan tiket menjadi tuan rumah. Seharusnya ASEAN Para Games edisi ke-11 ini dilaksanakan di Vietnam berdekatan dengan penyelenggaraan Sea Games 2022 lalu. Namun Vietnam secara resmi menyatakan ketidaksiapannya dalam menyelenggarakan pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini sehingga dialihkan ke Indonesia.

Sebelumnya diketahui, ASEAN Para Games ini telah dilaksanakan di Malaysia pada tahun 2017 lalu. Adapun cabang olahraga yang dilombakan kali ini antara lain Para Atletik, Para Catur, Blind Judo, Tenis Kursi Roda, Para Panahan, Sepak Bola, Tenis Meja, Voli Duduk, Basket Kursi Roda, Para Bulutangkis, Para Renang, Para Powerlifting (Angkat Berat), Boccia, dan Goalball. Adapaun ASEAN Para Games 2022 ini diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara.

Indonesia sendiri menurunkan total 324 para atlet untuk berbagai cabang olahraga. Para atletik menyumbang 78 atlet, para renang dengan 47 atlet, para tenis meja dengan 41 atlet, para bulutangkis dengan 25 atlet, para catur dengan 18 atlet, para voli duduk dengan 16 atlet, sepakbola CP dengan 14 atlet, para angkat berat dengan 13 atlet, para panahan dengan 12 atlet, boccia dengan 12 atlet, goalball dengan 12 atlet, basket kursi roda dengan 10 atlet, blind judo dengan 18 atlet, dan tenis kursi roda dengan 8 atlet.

Baca juga :  Melihat Peta Persaingan Grup A Piala Menpora 2021

Opening Ceremony ASEAN Para Games 2022 dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin di Stadion Manahan Solo. Pada hari pertama ini juga diperlombakan beberapa cabang olahraga seperti Para Panahan, Para Atletik, Para Badminton, Boccia dan Sepakbola CP. Dalam pertandingan di hari pertama ini Indonesia berhasil meraih mendali emas pada cabang para bulutangkis nomor ganda putra. Tim Indonesia berhasil merebut emas di hari pertama setelah mengalahkan wakil Thailand dengan skor 3-0.

Sementara itu Tim Sepakbola CP juga berhasil mengalahkan Thailand pada laga pertama ASEAN Para Games 2022. Dalam durasi 2×30 menit, Tim Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-2. Dengan hasil ini Indonesia kokoh di peringkat pertama klasemen sementara. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...