Home Nasional Sport Tourism, Strategi Baru Indonesia Kembali Menjadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

Sport Tourism, Strategi Baru Indonesia Kembali Menjadi Destinasi Wisata Favorit Dunia

TELENEWS.ID – Salah satu strategi pemerintah dalam memperbaiki ekonomi nasional adalah dengan gencar membuka perlahan akses wisata baik untuk masyarakat lokal maupun mancanegara. Syarat untuk wisatawan asing memasuki Indonesia mulai dari surat tes PCR, surat tes antigen, syarat vaksinasi yang diterima, hingga karantina sudah mulai dilonggarkan.

Hal ini disambut baik bagi wisatawan mancanegara yang langsung berlibur ke Indonesia. Selain itu Indonesia yang terpilih menjadi tuan rumah MotoGP 2022 langsung memanfaatkan hal ini untuk semakin mematangkan kesiapan dalam menyambut wisatawan seluruh dunia.

MotoGP 2022 yang diadakan di Mandalika, Sulawesi Tengah adalah salah satu strategi yang dinamakan sport tourism. Dimana masyarakat dan wisatawan melakukan olahraga atau kompetisi olahraga sambil menikmati keindahan alam suatu negara.

Sirkuit MotoGP Mandalika juga dinobatkan sebagai sirkuit MotoGP terindah di dunia oleh badan resmi MotoGP. Penonton dan peserta pertandingan dapat menikmati alam Indonesia sebelum, saat pertandingan, sampai selesainya pertandingan untuk sedikit menghilangkan penat dan lelahnya kompetisi.

Indonesia merupakan salah satu negara yang disebut Paradise on Earth oleh dunia dikarenakan keindahan alamnya yang tidak bisa ditemui di negara lain. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ingin lebih memajukan pariwisata Indonesia dengan cara terbaru dan lebih cepat. Salah satunya dengan mengkombinasikan olahraga serta pertandingan kelas dunia dengan keindahan Indonesia.

MotoGP Mandalika adalah salah satu keberhasilan Indonesia dalam mengkombinasikan pariwisata dengan olahraga dunia. Untuk itu Indonesia tancap gas untuk menarik organisasi olahraga dunia untuk mengadakan pertandingan di Indonesia. Salah satunya adalah rencana pembangunan sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang berpotensi menjadi sport tourism di Indonesia. Pertama adalah olahraga lari yang cukup mudah diadakan dan dilakukan. Indonesia sendiri sudah pernah mengadakan kompetisi lari kelas dunia yang mengkombinasikan dengan keindahan alam. Antara lain Bali Marathon, Borobudur Marathon, Jogja Marathon, dan Jakarta Marathon.

Baca juga :  KemenPUPR Percepat Pengembangan 10 Kawasan Metropolitan Prioritas di Indonesia

Selanjutnya adalah hiking atau melakukan perjalanan ke gunung dan melakukan kemah sampai mencapai titik puncak gunung. Beberapa jalur pendakian di Indonesia yang sudah terkenal adalah Gunung Prau di Dieng, Gunung Semeru, dan Gunung Rinjani.

Selanjutnya ada rafting atau arum jeram di Indonesia juga menjadi sport tourism yang cukup popular dikalangan wisatawan dunia. Beberapa tempat rafting di Indonesia antara lain Sungai Pekalen, Sungai Nimanga, Sungai Alas, dan masih banyak lagi.

Surfing atau menyelam merupakan sport tourism terfavorit wisatawan mancanegara karena keindahan laut Indonesia diberbagai daerah menjadi salah satu top of mind dunia. Adapun beberapa tempat surfing di Indonesia juga dinobatkan sebagai tempat surfing terbaik di dunia. Antara lain Pulau Sipora, Pantai Ombak Tujuh, Pantai Uluwatu, Pulau Nihiwatu, Pantai Ujung Genteng, Pulau Pari, Pulau Tidung, dan masih banyak lagi. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...