Home Internasional Sri Lanka Akan Langsungkan Pemilu Parlemem

Sri Lanka Akan Langsungkan Pemilu Parlemem

Pemilu di Sri Lanka (ilustrasi) /ist

TELENEWS.id, SRI LANKA- Sri Lanka akan melangsungkan pemilu parlemen, Rabu (5/8). Banyak pengamat politik menilai, pemilu itu akan memperkokoh cengkeraman kekuasaan Presiden Gotabaya Rajapaksa.

Lebih dari 16 juta orang memiliki hak untuk memberikan suara mereka dalam memilih 196 dari total 225 anggota parlemen itu. Dua puluh sembilan anggota parlemen lainnya akan dipilih dari daftar nasional yang disusun berdasarkan perolehan suara masing-masing partai atau kelompok independen.

Dikutip dari VOA, ada 7.452 kandidat dari 54 partai politik dan kelompok independen yang akan bersaing di 22 distrik dalam pemilu kali ini. Salah satu kandidat utamanya adalah Mahinda Rajapaksa, mantan presiden karismatik sekaligus kakak presiden yang sedang menjabat saat ini, yang berusaha terpilih kembali sebagai perdana menteri.

Perubahan konstitusi pada 2015 memperkokoh posisi perdana menteri. Jika Mahinda Rajapaksa terpilih, ia akan memiliki posisi kuat untuk membantu adiknya memerintah Sri Lanka.

Saingan utama Mahinda Rajapaksa adalah Sajith Premadasa, putra mantan presiden Ranasinghe Premadasa, yang dibunuh kelompok pemberontak separatis pada 1993. Premadasa memimpin sebuah partai politik yang merupakan pecahan dari partai oposisi utama di negara itu, Partai Nasional Bersatu.

Pemilu itu sendiri seharusnya berlangsung 25 April lalu, namun tertunda dua kali karena pandemi virus corona. Dibandingkan dengan banyak negara lain, Sri Lanka terbilang berhasil mengendalikan wabah. Negara itu memiliki 2.823 kasus yang telah dikukuhkan dengan 11 kematian (VOA).

Baca juga :  Australia Temukan Sebuah Klaster Virus Corona di Kapal Kargo
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...