Home Ekonomi Bisnis Startup Seperti Apa yang Mudah Menarik Investor ?

Startup Seperti Apa yang Mudah Menarik Investor ?

TELENEWS.ID – Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali bisnis startup yang didirikan dan berjalan serta dikelola generasi tahun 90an. Peluang bisnis di dunia digital saat ini sangat terbuka lebar dan cukup mudah dikelola. Tidak perlu modal besar untuk memulai bisnis, hanya bermodalkan sumber daya manusia dan kekuatan publikasi serta produk dan jasa yang ditawarkan.

Namun untuk pengembangan usaha sendiri, bisnis tersebut tetap memerlukan dukungan dari pihak lain, yaitu investor. Jika tidak menggunakan investor dan yakin akan perkembangan produk jasa yang ditawarkan akan bertahan di pasaran, bisnis tetap bisa berkembang namun cukup lama. Dengan bantuan investor, pengembangan bisnis hingga perluasan pangsa pasar bisa dilakukan dengan cepat.

Tidak banyak yang startup yang berhasil mendapatkan investor, tidak hanya bermodalkan produk dan jasa yang baik serta program pengembangan mumpuni, namun masih banyak hal lain untuk menarik investor. Saat ini produk startup yang menjadi primadona bagi para investor antara lain e-commerce, fintech, logistic, health care (kesehatan), Pendidikan, dan software as a service (SaaS).

Menurut Direktur Utama PT Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro faktor utama dari startup yang menarik untuk investor adalah memiliki consumber based. Jika produk jasa tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan perkembangan teknologi saat ini, pastinya hal itu menjadi poin special yang dilirik investor. Salah satunya adalah e-commerce, dimana semua orang di mana pun dan kapan pun mereka bisa melakukan perbelanjaan tanpa harus berpergian dan melakukan transaksi secara langsung. Selain itu, perkembangan e-commerce dengan menambahkan fitur pembayaran online atau biasa disebut e-wallet, semakin memudahkan transaksi jual beli serta simpanan. Bahkan e-wallet disebut-sebut cukup mengancam keberadaan produk perbankan dan transaksi menggunakan kartu debit dan kartu kredit.

Baca juga :  Keuangan Lesu, Matahari Segera Tutup 13 Gerai

Poin kedua adalah active users. Eddi menjelaskan para investor biasanya akan menghitung jumlah active users setiap bulan atau biasa disebut monthly active users (MAU). Eddi memberi contoh pada satu aplikasi yang di download banyak orang, namun penggunaan aplikasi tersebut hanya 10% dari angka download. Maka MAU aplikasi ini tidak menarik bagi investor.

Poin terakhir menurut Eddi yang diperlukan sebuah startup untuk menarik investor adalah average ticket size atau average spending. Hal ini disebut paling penting bagi seorang investor karena poin ini mempengaruhi revenue yang diterima platform atau startup tersebut. Seorang investor juga memerlukan modalnya kembali dan keuntungan dari bisnis investasi mereka.

Eddi juga menegaskan seorang entrepreneur harus memahami posisi bisnisnya Ketika didirikan dan jika sudah berkembang. Sebuah perusahaan jika berada di tahap startup company, growth company, serta mature company akan memiliki indicator kunci berbeda ketika berhadapan dengan investor. Indikator kunci tersebut antara lain potensi pasar, konsep bisnis, kompetisi pasar, strategi perusahaan dan upaya peningkatan keuntungan dan pengembangan bisnis. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...