Home Infrastruktur Stasiun Matraman, Stasiun Commuter Line Terbaru di Jakarta

Stasiun Matraman, Stasiun Commuter Line Terbaru di Jakarta

TELENEWS.ID – DKI Jakarta memiliki stasiun baru yang berlokasi di Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur dengan nama Stasiun Matraman. Stasiun ini sendiri diketahui mulai dibangun sejak tahun 2016 lalu dan akan melayani perlintasan kereta listrik Commuter Line (KRL) jurusan Kampung Bandan-Bekasi atau Cikarang.

Bagi sebagian masyarakat pengguna KRL, stasiun ini dianggap cukup strategis dan mempercepat perjalanan penumpang. Hal ini dikarenakan stasiun ini berada di wilayah sekitar Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai yang membuat penambahan stasiun ini akan menjadi alternatif terbaik di tengah kepadatan stasiun lain di sekitarnya.

Adanya stasiun ini juga akan merubah rute peta KRL yang sudah ada. Perubahan pertama adalah sudah tidak akan dioperasikannya KRL jurusan Cikarang-Bekasi ke arah Jakarta Kota. KRL jurusan Cikarang-Bekasi hanya akan sampai pada stasiun Kampung Bandan saja. Jika penumpang ingin melanjutkan perjalanan ke stasiun Jakarta Kota, penumpang harus berpindah kereta dan jalur.

Sedangkan untuk menuju ke stasiun Matraman sendiri, bagi penumpang dari arah Cikarang-Bekasi, bisa menggunakan KRL jurusan Jatinegara. Setelah melewati stasiun Jatinegara, KRL akan berhenti tepat di stasiun Matraman. Sedangkan jika penumpang dari arah sebaliknya yaitu Kampung Bandan, penumpang dapat menggunakan KRL jurusan Manggarai. Setelah melewati stasiun Manggarai, penumpang akan sampai di stasiun Matraman.

Menurut Kepala Badan Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta-Banten, Rode Paulus menjelaskan, adanya stasiun Matraman diharapkan dapat mengurai penumpukan penumpang di stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai.

Uji coba operasional layanan KRL stasiun Matraman sendiri dilakukan pada Kamis (16/06/2022) dan akan diberlakukan hingga satu minggu ke depan. Rode sendiri mengaku sudah mempersiapkan segala keperluan operasional dan teknis untuk uji coba ini. Segala fasilitas baik teknis maupun non-teknis di sekitar stasiun, serta kesiapan segala pekerja stasiun juga sudah diperiksa dengan matang.

Baca juga :  Luhut Terus Genjot Pembangunan Infrastruktur, Sebut Utang Tidak Masalah

Selain itu dampak positif terhadap pengurangan penumpukan penumpang di stasiun Jatinegara dan stasiun Manggarai juga akan menjadi penilaian tersendiri yang dilihat untuk keberlanjutan pengoperasian stasiun Matraman. Diharapkan masyarakat dapat membantu menjaga fasilitas baik di dalam maupun di luar stasiun yang disediakan mulai dari menjaga kebersihan hingga tidak merusak fasilitas dengan mentaati seluruh peraturan yang diberlakukan. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...