Home Gaya hidup Supaya Tidak Stres Seperti Marion Jola, Ini Tips Tetap Tegar dan Semangat...

Supaya Tidak Stres Seperti Marion Jola, Ini Tips Tetap Tegar dan Semangat Saat Sedang Menganggur

Facebook
Twitter

Telenews.id- Dampak pandemi COVID-19, agaknya dirasakan juga oleh penyanyi seksi Marion Jola. Belum lama ini, Marion Jola curhat mengenai kondisinya yang sempat stress lantaran sepi job dan menganggur selama tiga bulan akibat pandemi yang terjadi di tanah air.

Jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol ini curhat melalui kanal YouTube milik Daniel Mananta. Lala begitu ia biasa dipanggil, mengaku sempat mengalami stress akibat menjadi pengangguran selama tiga bulan lamanya. Kontan saja Lala merasa shock, karena dulu hampir setiap bulan paling tidak ada satu job yang menghampiri dirinya.

“Dan beberapa bulan ini malah kayak hah kok gue bisa nggak ada job. Karena aku pikir selama ini aku kerja setiap bulan. Bahkan waktu pandemi at least ada satu jadwal dalam sebulan,” terang dara berkulit eksotis ini.

Setelah melakukan syuting iklan e-comerce tahun lalu, Lala mengaku dirinya tak lagi mendapatkan job sehingga membuatnya benar-benar terpukul dan stress. Pelantun tembang “Tak Ingin Pisah Lagi” itu, hanya bisa menangis dan menyalahkan dirinya sendiri.

“Ini aku bisa tiga bulan nggak kerja. Setelah iklan e-commarce (nggak ada kerjaan). Iklan itu hal terbesar yang menyelamatkan aku tahun lalu,” sambungnya. “Aku kayak ada yang salah sama gue. Aku stres, nangis, aku menyalahkan diri aku sendiri,” ucap Marion Jola menambahkan.

Stress karena menganggur seperti yang dialami Marion Jola, memang dirasakan oleh banyak orang selama masa pandemi ini. Hal ini bisa dimengerti sebab hidup harus tetap berjalan, namun tak lagi memiliki pekerjaan sebagai sumber penghasilan.

Lalu apa sajakah yang harus dilakukan saat menganggur agar tidak stress dan menyalahkan diri sendiri seperti yang dialami oleh Marion Jola?

  1. Jangan mengingkari perasaanmu
    Wajar memang sedih dan kecewa lantaran tak memiliki pekerjaan untuk beberapa waktu lamanya. Merasa menjadi orang tak berguna atau beban keluarga, membuat mereka yang tak memiliki pekerjaan sering mengalami stres dan menyalahkan diri sendiri. Namun sejatinya bukan hal yang salah jika kita merasa sedih lantaran tak memiliki pekerjaan ini. Berikan waktu untuk dirimu sendiri. Terimalah fakta bahwa suatu perubahan atau masa transisi memang merupakan fase yang sulit. Bersikaplah lembut pada diri sendiri, dan jangan mencoba memendam perasaanmu. Jika kamu membiarkan dirimu menerima apa yang kamu rasakan, bahkan perasaan negatif yang paling tidak menyenangkan pun akan berlalu.
  2. Tetap aktif dan produktif
    Sedang menganggur bukan berarti kamu menghabiskan waktumu hanya untuk rebahan saja. Meski sedang tak punya pekerjaan, sebaiknya kamu tetap aktif dan produktif agar perasaan dan pikiran negatif tak menguasai dirimu. Kamu bisa tetap aktif meski di sedang di rumah, dan mencoba melakukan hal-hal yang produktif. Ingat, kesempatan bisa datang kapan saja dan dari mana saja. Karena itu tak manfaatkan waktumu alih-alih untuk terus meratap, dengan melakukan sesuatu yang berguna dan bermanfaat.
  3. Jangan berhenti untuk bergaul dengan orang lain
    Sekali lagi, kesempatan bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Mungkin kamu punya perasaan malu dan minder dengan teman-temanmu karena kini sedang menganggur. Namun bukan berarti kamu menarik diri begitu saja dari lingkaran pergaulanmu. Tetaplah mencoba untuk terkoneksi dan terhubung dengan orang lain, siapa tahu kamu bisa memperoleh informasi atau kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru yang bisa kamu coba kemudian.
  4. Mencoba sesuatu yang baru
    Daripada terus murung dan meratapi nasib, mengapa tak berusaha untuk mencoba atau belajar sesuatu yang baru? Kamu bisa mengasah kemampuanmu, dan siapa tahu hal itu bisa menghasilkan uang untukmu. Kamu juga bisa belajar melakukan sesuatu yang baru, misalnya belajar suatu bisnis yang belum kamu coba sebelumnya. Selain bisa mengisi waktu luang dan bisa menjadi ladang penghasilan, ini juga akan memperluas jaringan dan memperkenalkan kamu kepada orang-orang yang baru.

Itulah beberapa tips menghindari stress dan tetap tegar, ketika kamu menganggur dan tak punya pekerjaan. (Yuyun)

Facebook
Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...