Home Nasional Politik Surya Paloh Kembali Lakukan Safari Politik Kali Ini dengan SBY

Surya Paloh Kembali Lakukan Safari Politik Kali Ini dengan SBY

TELENEWS.ID – Pada Minggu (06/06/2022) lalu diketahui Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengadakan pertemuan dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan diadakan di kantor DPP Partai Nasdem atau Nasdem Tower, di Jakarta Pusat. Sebelum pertemuannya dengan SBY, sejumlah petinggi partai sudah sempat melakukan pertemuan langsung dengan Surya Paloh seperti ketua umum partai Gerindra, Prabowo Subianto, ketua umum partai Golkar, Airlangga Hartanto, serta ketua umum partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Kunjungan SBY ke Nasdem Tower juga didampingi oleh kader partai Demokrat lain seperti ketua Umum Partai Demokrat, AHY dan juga ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Andi Arief. Sedangkan Surya Paloh didampingi oleh Sekjen Partai Nasdem, Johnny G.Plate dan ketua koordinator pemenangan pemilu, Prananda Paloh. Andi Arief menyampaikan bahwa kunjungan SBY ke kantor DPP Partai Nasdem adalah kunjungan balasan karena Surya Paloh pernah menyempatkan diri menjenguk SBY saat masih melakukan pengobatan di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Diketahui pada 29 Maret 2022 lalu, ketua umum partai Demokrat, AHY sudah lebih dulu mengunjungi Surya Paloh di lokasi yang sama. Dalam pertemuan pertamanya tersebut, putra sulung SBY tersebut mengaku menyampaikan harapan dari SBY untuk Partai Demokrat dan Partai Nasdem terus bersama-sama berdampingan membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sementara itu pengamat politik Universitas Paramadhina, Khoirul Umam menilai pertemuan Surya Paloh, SBY dan AHY berpeluang terbentuknya poros baru dalam pemilu 2024 mendatang. Menurut Khoirul, Partai Demokrat saat ini yang semakin terdesak dengan terus tergerusnya suara partai harus mulai berani mengambil langkah progresif untuk bersatu dengan partai lain dan menyelamatkan nasib partai. Khoirul juga menganggap partai koalisi pemerintahan saat ini sudah mulai terpecah dan lebih memperdulikan rencana dalam pemilu 2024 mendatang daripada mendukung urusan pemerintah.

Baca juga :  Diduga Banyak Kepentingan, CERI Pertanyakan Sikap Panja RUU Minerba

Hal ini membuka peluang bagi partai Demokrat sebagai partai oposisi pemerintah untuk mulai merangkul partai tersebut untuk ikut berjuang dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang. Selain itu Khoirul juga menduga bahwa koalisi Indonesia Bersatu (KIB) antara partai Golkar, PAN, dan PPP yang seluruhnya merupakan partai pendukung pemerintahan, merupakan armada perang bagi Ganjar Pranowo yang disiapkan Jokowi.

Hal ini diperjelas dengan kehadiran Ganjar pada Rakernas Projo di Jawa Tengah beberapa hari lalu dan kode-kode Jokowi yang mendukung Ganjar jika jadi dicalonkan. KIB ini juga diduga disiapkan Jokowi untuk mengamankan Ganjar sebagai penerusnya jika PDI-P tetap menolak mencalonkan Ganjar sebagai calon presiden pada pilpres 2024. PDI-P sendiri masih bersikukuh dan terus berjuang untuk mencalonkan ketua umumnya saat ini, Puan Maharani.

Baca juga :  Wempy Hadir : Pilkada 2020 Berpotensi Timbulkan Cluster Baru Covid-19

Namun dugaan lain muncul dari Khoirul yang berpendapat bisa jadi KIB ini dibentuk untuk mengamankan kursi capres untuk ketua umum Golkar, Airlangga Hartanto. Selain itu KIB juga merupakan partai pendukung pemerintah yang jika memenangkan pertarungan dalam pemilu 2024 mendatang, otomatis akan mengamankan warisan Jokowi untuk melanjutkan pembangunan ibukota baru dan proses pemindahan ibukota. (Angela Limawan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...