Home Nasional Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

Tahun 2021 Dibuka dengan Rentetan Bencana

TELENEWS.ID- Belum genap satu bulan mengakhir Januari 2021 ini. Indonesia terus disuguhkan dengan kabar Menyayat hati. Bahkan, tahun 2021 ini bukan hanya diawali wabah Covid-19 yang terus meningkat, melainkan kabar duka muncul dari insiden jatuhnya pesawat hingga bencana alam.

Pada tanggal 9 Januari 2021 lalu dibuka dengan insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air berjenis Boeing 737 di Kepulauan Seribu.

Jatuhnya pesawat jurusan penerbangan Jakarta-Pontianak ini disebabkan hilangnya kontak setelah empat menit lepas landas.

Terhitung pada tanggal 16 Januari 2021, jumlah korban teridentifikasi sebanyak 24 orang.

Hingga saat ini tim SAR terus berupaya mencari jenazah korban yang berada di perairan wilayah Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.

Tidak hanya itu, di hari yang sama Sabtu (9/1) lalu, bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Cimanggung, Sumedang.

Peristiwa tersebut berlangsung selama dua kali yakni pukul 16.00 WIB dan pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan data sementara, saat ini terdapat 1.020 korban yang mengungsi dari musibah tersebut.

Untuk korban tewas yang berhasil ditemukan sebanyak 36 orang.

Di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengalami hujan lebat diikuti kilat serta angin kencang selama tiga hari yakni 12-14 Januari 2021. Sehingga daerah tersebut terdampak bencana banjir.

Berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali Operasi BNPB pada Sabtu (16/1) mencatat sebanyak 3.571 rumah di Kabupaten Balangan terendam banjir.

Banjir tersebut diperkirakan mencapai ketinggian sekitar 50-150 sentimeter.

Dampak dari banjir tersebut, BPBD Balangan mencatat sebanyak 39.549 orang mengungsi, dan korban meninggal dunia mencapai 15 orang.

Bencana lainnya terletak di Sulawesi Barat. Gempa dengan magnitudo 5,9 skala richter mengguncang Kabupaten Majene, Kamis (14/1).

Keesokannya, gempa susulan terjadi di daerah yang sama dengan kekuatan guncangan sebesar 6,2 skala richter pada Jumat (15/1).

Baca juga :  Larangan Mudik Tetap Berlaku, Pengawasan Pengendalian Transportasi Terus Diperketat di Fase Arus Balik

BNPB setempat melaporkan pada Minggu (17/1) total korban meninggal akibat gempa tersebut sebanyak 81 orang.

Terperinci korban 81 orang terbagi dari 70 orang meninggal di Kabupaten Mamuju, dan 11 orang lainnya di Kabupaten Majene.

Sementara, pada 16 Januari 2021 bencana banjir dan tanah longsor melanda Kota Manado, Sulawesi Utara.

Bencana tersebut diakibatkan intensitas hujan yang sangat tinggi serta struktur tanah yang labil.

Dari bencana tersebut, sebanyak 500 orang harus mengungsi dan lima orang meninggal dunia. Tinggi permukaan air mencapai 50 sampai 300 cm.

Masih di hari yang sama pada Sabtu (16/1), Gunung Semeru mengalami erupsi yang mengakibatkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo.

Baca juga :  Tidak Mudah Turunkan Harga BBM ,CERI Sebut Ketua Komisi VII DPR Tidak Pro Rakyat

Dari laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.

Hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pun memberikan status waspada.

Selain itu, PVMBG pun memberikan himbauan kepada masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Mujur serta Desa Curah Koboan dan sekitarnya untuk selalu waspada dalam menghadapi potensi bencana susulan. (Dion)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kisah Ritual Aneh di Dunia Sepak Bola

TELENEWS.ID – Dalam dunia sepak bola pemain dan pelatih akan melakukan segala hal yang membuat mereka memetik kemenangan atas lawan-lawan mereka.

PUBG New State Diluncurkan, Apa Bedanya Dengan PUBG Mobile ?

TELENEWS.ID - Para penggemar game mobile online, khususnya PUBG, sedang dihebohkan dengan peluncuran PUBG New State pada Kamis lalu (25/3/2021).

Mengapa Pierluigi Collina begitu Disegani?

TELENEWS.ID - Apa jadinya sepak bola dimainkan tanpa wasit? Wasit adalah sosok penting untuk pertandingan sepak bola dan menjadi pengadil bagi dua...

Tak Mau Kalah, Huawei Ikut Kembangkan Mobil Listrik

TELENEWS.ID - Raksasa teknologi asal Tiongkok, Huawei, berencana membuat mobil listrik dengan mereknya sendiri, dan beberapa model bahkan mungkin diluncurkan sebelum akhir...