Home Gaya hidup Tak Bisa Mudik? Ini 6 Tips Mengatasi Rasa Sedih Karena Merayakan Natal...

Tak Bisa Mudik? Ini 6 Tips Mengatasi Rasa Sedih Karena Merayakan Natal Sendirian

TELENEWS.ID – Natal memang menjadi saat yang tepat untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama dengan keluarga. Memang tak ada yang lebih menyenangkan selain merayakan Natal ditengah orang-orang tercinta.

Namun karena kondisi saat ini dimana pandemi COVID-19 belum juga usai, banyak orang yang terpaksa merayakan Natal jauh dari sanak saudara. Ada yang terpaksa membatalkan rencana pulang kampung mereka, lantaran daerah yang mereka tuju sedang menerapkan PPKM atau memang tak ingin mengambil resiko tertular wabah yang mematikan ini.

Tentu saja layaknya hari besar keagamaan lainnya, merayakan Natal sendiri terasa menyedihkan dan juga kesepian. Namun jangan khawatir, Telenews punya tips untuk mengurangi rasa kesepian saat merayakan Natal seorang diri jauh dari keluarga.

  1. Fokus pada hal-hal yang kamu sukai
    Apa pun itu, meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan kecil yang menyenangkan akan mengalihkan perhatianmu dari memikirkan situasi yang kamu hadapi saat ini. Menonton film, jalan-jalan, berkumpul bersama teman dan sahabat atau semua kegiatan kecil lain yang kamu sukai, bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kesepian akibat merayakan Natal sendirian jauh dari keluarga di rumah.
  2. Manfaatkan teknologi
    Gagal mudik saat Natal memang menyedihkan, namun kamu bisa kok memanfaatkan kemajuan teknologi untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang kamu cintai. Kamu bisa menelpon keluargamu atau melakukan video call, untuk meredakan rasa sedih dan kecewa karena tak bisa berkumpul bersama mereka saat Natal tahun ini. Selain itu kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan mereka yang sama-sama tak bisa pulang kampung untuk merayakan Natal. Ingat kamu tidak sendirian kok guys!
  3. Manjakan dirimu sendiri
    Natal adalah hari libur dimana kamu tak harus memikirkan mengenai studi dan pekerjaanmu. Meski tak bisa berkumpul dengan keluarga di rumah, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memanjakan dirimu sendiri. Kamu bisa pergi spa, jalan-jalan, belanja atau melakukan apa saja yang selama ini tak bisa kamu lakukan lantaran kesibukanmu.
  4. Berkumpul bersama dengan orang-orang yang senasib denganmu
    Kalau kamu sedang berada di tempat yang jauh dari rumah saat Natal ini, kamu bisa merayakannya bersama dengan mereka yang senasib denganmu guys. Kalian bisa berkumpul untuk merayakan Natal bersama-sama. Berkumpul dengan orang yang senasib denganmu setidaknya akan mengurangi rasa sedih dan sepi karena tak bisa berada di tengah-tengah keluargamu untuk menikmati momen Natal di tahun ini.
  5. Berbagi dengan mereka yang kurang beruntung
    Jauh dari keluarga saat Natal bisa kamu isi dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya berbagi dengan mereka yang kurang beruntung. Kamu bisa melakukan kegiatan sosial bersama komunitasmu, seperti merayakan Natal bersama dengan anak-anak di panti asuhan. Kamu bisa membawa makanan atau hadiah Natal untuk anak-anak yang kurang beruntung ini. Dengan melihat mereka bersuka cita merayakan Natal, kamu pasti akan ketularan kebahagiaannya pula. Lagi pula bukanlah esensi Natal adalah berbagi kasih dengan orang lain kan?
  6. Bersyukur
    Salah satu cara sederhana untuk berbahagia adalah dengan bersyukur. Tahun ini mungkin tidak berjalan seperti yang kamu inginkan. Kamu tak bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga saat Natal. Namun jangan sampai hal ini tidak menghentikan kamu untuk bersyukur, karena tahun depan mungkin akan menyimpan banyak kejutan baik untukmu. Hati yang bersyukur adalah hati yang gembira. Hargai semua yang kamu miliki tahun ini dan berharap yang terbaik di tahun depan.
    Gagal pulang kampung saat Natal mungkin membuat kamu sedih dan kecewa. Namun tentu saja kamu tak boleh berlarut-larut dalam kesedihan, dan tetap bisa merasakan suka cita Natal meski sedang sendirian. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Stop Menghitung Kalori! Ini 6 Tips Turun Berat Badan yang Efektif dari Seorang Asisten Profesor di Harvard
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Resmikan Groundbreaking Hilirisasi Batu Bara Jadi DME, Jokowi: Mau Sampai Kapan Impor Terus?

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, groundbreaking proyek hilirisasi batu bara menjadi dimetil meter atau DME di Kabupaten Muara Enim, Sumatera...

Kronologi OTT Kasus Korupsi Bupati Penajem Paser Utara

TELENEWS.ID - Nur Afifah Balqis sedang ramai menjadi perbincangan publik nasional akhir-akhir ini karena menjadi salah satu tersangka OTT KPK dan terlibat...

Kisruh Arteri Dahlan Mengancam Elektabilitas PDIP

TELENEWS.ID – Anggota komisi III DPR RI dari fraksi PDIP, Arteri Dahlan membuat gaduh Indonesia. Arteria meminta Jaksa Agung ST Burhanuddin mencopot...

Kemanakah Ridwan Kamil Berlabuh Untuk Pilpres 2024 ?

TELENEWS.ID - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden 2024. Namun hingga saat ini masih belum ada partai...