Home Gaya hidup Tak Hanya Cocok Diletakan di Ruangan, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Membuat...

Tak Hanya Cocok Diletakan di Ruangan, 5 Tanaman Hias Ini Bisa Membuat Rumah Jadi Sehat Juga

TELENEWS.ID-Tanaman hias kini telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia modern. Apalagi semenjak masa pandemi seperti saat ini, semakin banyak saja orang yang memilihara dan merawat tanaman hias untuk mengisi waktu luang mereka saat lockdown atau PPKM.

Meningkatnya kegemaran tanaman hias sebagai bagian dari gaya hidup saat ini, membuat sejumlah harga tanaman meroket dengan sangat tajam. Bahkan ada yang sampai harganya mencapai puluhan juta Rupiah. Uniknya seolah menjadi trend, banyak orang yang juga rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk membeli tanaman hias yang sedang ramai jadi pembicaraan orang banyak.

Tak hanya untuk diluar ruangan, trend tanaman hias yang diletakan di dalam ruangan juga semakin meningkat. Namun rupanya tak semua tanaman bisa diletakkan di dalam ruangan. Tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar, dan tidak begitu membutuhkan banyak sinar matahari lah yang cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Melatakkan tanaman dalam rumah memang memberikan nuansa segar dan alami, sekaligus menambah nilai aestetik di dalam ruangan itu sendiri. Namun rupanya ada beberapa jenis tanaman yang tak hanya membuat ruangan menjadi indah, namun juga bisa menyehatkan rumah Anda. Apa sajakah itu?

  1. Sansevieria atau lidah mertua
    Tidak membutuhkan perawatan ekstra, bandel dan tak perlu disiram setiap hari; membuat Sansevieria atau lidah mertua kembali trend belakangan ini. Apalagi coraknya yang unik, menjadikan Sansevieria sebagai trend tanaman hias yang diminati banyak orang. Inilah salah satu tanaman yang cocok untuk diletakan di dalam rumah. Selain itu, peneliti mengungkapkan bahwa Sansevieria adalah tanaman indoor yang paling banyak memproduksi oksigen sehingga cocok untuk memurnikan udara di dalam ruangan. Sansevieria juga bermanfaat untuk menyerap racun sperti karbon dioksida, formaldehida dan benzena.
  2. Lili Paris atau Spider plant
    Beberapa bulan belakangan ini, popularitas Spider plant atau lili Paris memang sedang meningkat dengan pesat. Tanaman yang memiliki daun hijau langsing memanjang dengan corak putih ini, cocok untuk diletakkan dalam ruangan karena ukurannya yang mini. Selain itu tanaman ini juga bisa menyehatkan ruangan karena bisa menghilangkan formaldehida dan xylene di udara. Bahkan peneliti mengklaim bahwa Lili paris mampu menghilangkan hampir 95% racun di udara.
  3. Lidah Buaya atau aloe vera
    Sejak lama, kita mengetahui manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan juga kecantikan. Tanaman yang berwarna hijau dengan bintik putih ini juga cocok untuk menjadi tanaman indoor karena ukurannya yang kecil, tidak butuh perawatan yang ribet, mudah ditanaman dan tak mudah mati. Namun dibalik itu semua, lidah buaya mengeluarkan oksiden dan menyerap kabon diaoksida saat malam hari, sehingga cocok sebagai penyaring udara di dalam ruangan.
  4. Karet merah atau rubber fig
    Dengan daunnya yang hijau dan lebar, karet merah atau rubber fig akan memberikan kesan alami di dalam ruangan. Anda bisa meletakkan rubber fig di sudat ruangan, sehingga menambahkan kesan alami di rumah. Daun karet merah yang lebar tak hanya tampak indah, namun juga bisa menyerap bakteri dan juga spora jamur di udara.
  5. Daun ceriman atau Monstera deliciosa
    Selain janda bolong, ceriman adalah salaj satu tanaman yang trend belakangan ini dan harganya pun cukup mahal. Tanaman yang mirip janda bolong ini memiliki daun hijau yang tampak unik dan juga estetik. Dibalik keindahan ceriman, ini adalah salah satu tanaman yang mampu mengurangi polusi udara dalam ruangan seperti benzena, formaldehida dan trichloroethylene. Ceriman juga cukup mudah perawatannya. Anda cukup menyiramnya secara rutin, dan sekali-kali menjemurnya terutama dibawah sinar matahari pagi.
Baca juga :  Tetap Cantik Saat Patuhi Prokes, Ini Tips agar Lipstik Awet dan Tidak Luntur Ketika Memakai Masker
Baca juga :  Tetap Cantik Saat Patuhi Prokes, Ini Tips agar Lipstik Awet dan Tidak Luntur Ketika Memakai Masker

Itulah beberapa tanaman indoor yang bisa menyehatkan rumah Anda. Tertarik untuk menanam salah satunya? (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...