Home Gaya hidup Kesehatan Tak Hanya Ruben Onsu, Kamu Juga Butuh Transfusi Darah Jika Mengalami 6...

Tak Hanya Ruben Onsu, Kamu Juga Butuh Transfusi Darah Jika Mengalami 6 Masalah Medis Ini!

TELENEWS.ID – Artis dan presenter Ruben Onsu dikabarkan masuk rumah sakit lagi. Menurut keterangan Sarwendah sang istri, Ruben masuk rumah sakit lagi karena harus menerima transfusi darah.

Menurut Sarwendah, sang suami harus menerima transfusi darah lantaran darahnya yang mendadak turun lagi. “Memang dari kemarin sampai sekarang itu kan dia masih observasi, jadi kemarin pas darahnya turun, ini darahnya turun lagi gitu. Jadi ya transfusi darah lagi,” jelas ibu tiga anak itu.

Sebelumnya, Ruben Onsu sendiri sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran mengalami hipotensi atau darah rendah. “Jadi Ayah (Ruben Onsu) masuk rumah sakit. Biasanya, kan, aku cek darah rutin 3 bulan sekali, ternyata darahnya ayah rendah jadi masuk rumah sakit,” ungkap Sarwendah.

Transfusi darah sendiri adalah hal yang umum dilakukan oleh sebagian orang. Transfusi darah sendiri adalah pemindahan darah atau produk darah dari satu orang (donor) ke dalam aliran darah orang lain (recipient). Transfusi darah adalah cara menambahkan darah ke tubuh setelah sakit atau cedera.

Ternyata ada 6 alasan medis yang memungkinkan kamu juga harus mendapatkan transfusi darah seperti yang dialami oleh Ruben Onsu!

  1. Kamu menderita kanker
    Transfusi dapat membantu pasien kanker dalam beberapa cara, baik selama operasi atau untuk mengobati efek samping kemoterapi, atau bahkan untuk kanker itu sendiri. Pasien kanker mungkin memerlukan transfusi trombosit jika sumsum tulang mereka tidak menghasilkan cukup darah. Ini terjadi ketika sel-sel sumsum tulang yang memproduksi trombosit, dirusak oleh kemo atau terapi radiasi atau ketika sel-sel itu dikeluarkan dari sumsum tulang oleh sel-sel kanker.
  2. Kamu menjalani operasi
    Kamu mungkin memerlukan transfusi jika kehilangan banyak darah sebelum, selama atau setelah operasi. Jika kamu kehilangan banyak darah sebelum atau selama operasi, transfusi sel darah merah mungkin diperlukan. Transfusi trombosit, plasma atau faktor pembekuan juga mungkin diperlukan jika salah satu komponen ini rendah atau tidak berfungsi dengan baik. Prosedur yang berpotensi menyelamatkan jiwa ini dapat membantu menggantikan darah yang hilang karena pembedahan atau cedera.
  3. Kamu mengalami anemia
    Anemia dapat disebabkan oleh banyak kondisi medis. Ketika menjadi parah, transfusi sel darah merah dapat membantu jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang rendah. Anemia adalah istilah medis untuk jumlah sel darah merah, atau hemoglobin yang rendah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak masalah medis, dan dapat mengakibatkan kekurangan oksigen ke sel. Transfusi sel darah merah mungkin diperlukan jika anemia menjadi parah.
  4. Kamu mengalami kekurangan zat besi
    Transfusi sel darah merah dapat diberikan kepada pasien dengan anemia dan kekurangan zat besi parah, sehingga mengalami perdarahan aktif atau memiliki gejala yang signifikan seperti nyeri dada, sesak napas, atau kelemahan. Transfusi diberikan untuk menggantikan sel darah merah yang tidak akan sepenuhnya memperbaiki kekurangan zat besi dalam tubuh.
  5. Kamu mengalami gangguan pendarahan
    Transfusi trombosit atau plasma dapat membantu pembekuan darah, jika kamu menderita kelainan pendarahan. Gangguan pendarahan adalah sekelompok kondisi di mana darah tidak dapat membeku dengan baik. Kamu mungkin memerlukan transfusi trombosit atau produk plasma untuk membantu pembekuan, atau bahkan sel darah merah jika kehilangan darah parah.
  6. Kamu sedang hamil atau menjalani persalinan
    Selama kehamilan, beberapa wanita membutuhkan produk darah sebelum, selama atau segera setelah melahirkan. Anemia, perdarahan, pencegahan penyakit hemolitik pada bayi baru lahir dan gangguan trombosit imun; adalah kondisi yang dapat terjadi selama atau segera setelah kehamilan dan memerlukan pengobatan salah satunya dengan transfusi darah. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Vaksin PCV Sudah Gratis dan Bisa Dijadikan Program Rutin, Yuk Cek Manfaatnya
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...