Home Gaya hidup Tak Perlu Baper, Begini 6 Cara untuk Menghadapi Teman Kerja yang Suka...

Tak Perlu Baper, Begini 6 Cara untuk Menghadapi Teman Kerja yang Suka Bergosip

TELENEWS.ID – Yang namanya berada di tempat kerja, itu artinya kita harus siap berhadapan dengan berbagai macam orang. Salah satunya yang mungkin sangat menyebalkan dan kadang bisa membuat baper, adalah satu kantor atau proyek dengan rekan kerja yang suka bergosip.

Kamu mungkin berpikir bahwa mereka bisa saja menggosipkan dirimu dan performa kerjamu. Namun jika tidak, kamu juga merasa risih lantaran mereka tak bisa berhenti untuk menggosipkan atau membicarakan orang lain.

Psikolog dan penulis “The Leader’s Guide To Resilience”, Dr Audrey Tang menggambarkan gosip sebagai “membicarakan orang lain yang tidak hadir pada saat itu” atau sesuatu yang “kita tidak siap untuk mengatakannya kepada orang yang tidak hadir”. Meskipun gosip memiliki reputasi buruk, studi tahun 2019 menemukan bahwa mayoritas gosip adalah netral.

Lalu kenapa sih beberapa orang sangat suka bergosip? Manusia secara alami adalah makhluk sosial, dan gosip adalah cara menyatukan orang dan berbagi cerita. Tang berkata: “Jika kita memikirkan kembali hal-hal seperti dongeng dan bahkan jendela kaca, mereka semua menceritakan sebuah kisah kepada kita, mereka semua memberi tahu kita sepotong informasi yang berguna untuk diteruskan ke orang lain”.

Selai itu menurut Tang, orang suka bergosip untuk membuat diri mereka merasa lebih baik dibandingkan dengan orang yang tengah mereka bicarakan itu. “Cara yang baik untuk menghindari berurusan dengan masalah kita sendiri adalah dengan mengarahkan jari kita ke masalah orang lain. Keadaan ini membuat kita merasa lebih baik. Dari perspektif evolusi, Jika ada seseorang yang lebih lemah dari kita, maka itu lebih baik untuk kita,” tambahnya lagi.

Karena itu sebenarnya gosip di tempat kerja adalah hal yang wajar. Namun kamu bisa menyiasati ketidaknyamanan itu dengan berbagai cara berikut ini:

  1. Tidak usah ikut-ikutan
    Tidak usah ikut-ikutan dan menjauhi mereka yang bergosip sejatinya cara paling jelas yang bisa kamu ambil. Jangan memberikan petunjuk bahwa kamu tertarik dengan gosip yang mereka bicarakan. Jika seseorang terlanjur menggosipkan orang lain denganmu, jangan sebarkan cerita ii lebih jauh dan simpan saja untuk dirimu sendiri.

Katakan hal yang positif
Daripada mengatakan hal-hal negatif tentang rekan kerja, buatlah poin untuk mengatakan hal-hal positif tentang mereka. Dengan begini, kamu akan mematahkan gosip dan tak mendapat cap sebagai bagian dari si tukang gosip di kantor.

  1. Jauhi circle para penggosip
    Memang sulit untuk mengontrol gosip di tempat kerja, tetapi kamu dapat mengontrol reaksimu terhadapnya. Jika kamu melihat orang-orang yang terus-menerus membuat gosip, kamu bisa mencoba untuk berinteraksi sesedikit mungkin dengan orang itu. Hindari dia sebisa mungkin dan circlenya yang suka bergosip.
  2. Sebaiknya jangan terlalu mengumbar kehidupan pribadimu
    Ada kalanya orang bergosip di tempat kerja bukan hanya membicarakan mengenai pekerjaan. Mereka juga tak jarang menggosipkan mengenai kehidupan pribadi seseorang. Karena itulah ada baiknya kamu tidak terlalu mengumbar mengenai kehidupan pribadimu, baik secara langsung atau melalui unggahan di media sosial.
  3. Kamu bisa mengkonfrontir langsung si tukang gosip
    Jika kamu menjadi objek gosip dan itu sudah membawa pengaruh serta reputasi buruk terhadapmu di tempat kerja, tak ada salahnya kamu mengkonfrontir langsung mereka yang membicarakanmu. Kamu bisa menanyakan dengan baik-baik apa maksud gosip yang mereka sebarkan, dan jelaskan bahwa semua itu tidak benar sama sekali. Ingat jangan terbawa emosi karena kamu tentu tidak mau bukan menurunkan level-mu sama rendahnya dengan mereka?
  4. Jangan terpancing emosi
    Kamu mungkin bisa mengkonfrontir teman kerjamu yang menggosipkanmu, namun sebaiknya jangan pernah sampai terpancing emosi. Cara yang baik untuk menghentikan gosip dan desas-desus adalah dengan menolak untuk terlibat dan terpancing. Dengan kata lain, menolak untuk menanggapi komentar tentang orang yang digosipkan atau mengenai gosip yang dialamatkan padamu. Gantilah objek pembicaraan sesegera mungkin, atau tinggalkan saja mereka yang mulai bergosip buruk mengenai dirimu atau orang lain.
  5. Tetap fokus
    Ada kalanya rekan kerja yang suka menggosipkan dirimu atau orang lain punya satu tujuan tercela. Membuatmu kehilangan fokus pada pekerjaan, sehingga performamu menjadi menurun. Ini akan kamu alami saat posisimu sedikit lebih tinggi daripada si tukang gosip. Karena itulah alih-alih terpancing dan menanggapi, ada baiknya kamu fokus saja pada pekerjaanmu. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  4 Hal Ini Harus Kamu Tanyakan pada Diri Sendiri Sebelum Memutuskan untuk Menikah
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Waspada! Ada Aplikasi dan Web Ilegal MyPertamina, Jangan Asal Akses

TELENEWS.ID - Masyarakat perlu berhati-hati terhadap akses situs dan aplikasi MyPertamina yang dianggap ilegal. Sudah beredar situs dan aplikasi...

Hasil Kunjungan Jokowi ke Ukraina, Pembahasan Soal Perdamaian dan Kondisi Ukraina Saat Ini

TELENEWS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di Istana Negara Ukraina, Maryinsky, Kyiv pada Rabu (29/06/2022)...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 29 Juni 2022

TELENEWS.ID – Hari kedua babak 32 besar dalam turnamen Petronas Malaysia Open 2022 pada Rabu (29/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, menghasilkan...

Update Hasil Pertandingan Petronas Malaysia Open 2022 – 28 Juni 2022

TELENEWS.ID – Turnamen tertinggi versi BWF, Petronas Malaysia Open 2022 telah digelar pada Selasa (28/06/2022) di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Sayangnya,...