Home Gaya hidup Tak Perlu Ribet, Ternyata Ini 5 Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi...

Tak Perlu Ribet, Ternyata Ini 5 Cara Mudah dan Cepat untuk Mengatasi Gemuk Air

Telenews.id- Kamu mungkin pernah mendengar kalau kamu kehilangan berat badan secara cepat saat menjalani diet, maka kemungkinan yang hilang dari tubuhmu adalah gemuk air. Lalu apa sih sebenarnya gemuk air itu?

Gemuk air adalah ketika cairan terkumpul di jaringan tubuh, menyebabkan pembengkakan, dan tentunya akan mempengaruhi berat dan bentuk tubuh seseorang. Gemuk air juga terjadi ketika alih-alih dikeluarkan, tubuh justru menyimpan air ekstra di dalam jaringan atau di antara pembuluh darah.

Wanita sendiri memang lebih rentan mengalami gemuk air, terutama satu minggu sebelum menstruasi. Ini karena adanya peningkatan hormon di dalam tubuh. Retensi cairan atau edema atau kelebihan air dalam tubuh ini mencapai puncaknya, di hari pertama menstruasi. Karena itulah kaum wanita sering mengeluhkan wajah, lengan, perut dan kaki mereka mengalami pembengkakan.

Selain itu menurut Joanna Sheill DiCicco, seorang ahli diet di Michigan; konsumsi karbohidrat berlebihan juga jadi salah satu pemicu munculnya gemuk air ini. “Karbohidrat yang tidak langsung kita gunakan untuk energi, kita simpan sebagai glikogen dalam tubuh” jelas Joanna. “Glikogen menarik air. Jadi semakin banyak glikogen yang kita simpan, semakin banyak air yang kita ambil dan tersimpan di tubuh” imbuhnya lagi.

Selain dua hal di atas, kehamilan, ketidakseimbangan hormon akibat stress sehingga kortisol melonjak dengan tinggi dan duduk terlalu lama; bisa menjadi penyebab munculnya gemuk air ini. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi atau menghilangkan gemuk air?

  1. Olahraga yang rutin
    Sama seperti gemuk karena lemak, mereka yang mengalami gemuk air juga disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Saat menjalani olahraga maka tubuh akan berkeringat, dan itu artinya tubuh mengeluarkan cadangan cairan dari dalam. Rata-rata seseorang kehilangan cairan selama satu jam latihan adalah antara 16–64 ons atau sekitar 0,5–2 liter, tergantung pada faktor-faktor seperti panas tubuh, durasi dan jenis latihan, serta pakaian yang dikenakan saat olahraga.
  2. Jangan begadang
    Gemuk air juga bisa diatasi dengan tidur yang cukup dan tidak melakukan begadang. Tidur juga dapat mempengaruhi saraf simpatis ginjal, yang mengatur keseimbangan natrium dan air. Tidur yang cukup juga dapat membantu tubuh untuk mengontrol tingkat hidrasi dan meminimalkan retensi air. Selain itu, cukup tidur dan istirahat dapat membantu tubuh mengelola keseimbangan cairan dan natrium, dan menyebabkan penurunan gemuk air dalam jangka panjang.
  3. Kurangi konsumsi garam
    Salah satu penyebab paling umum dari berat air adalah kelebihan garam dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sodium pada garam mengikat dengan air dan membuatnya terperangkap di dalam tubuh. “Semakin tinggi kadar sodium dalam makanan, semakin banyak retensi cairan yang dimiliki seseorang,” kata Dr. Lynn Mack, MD, ahli endokrinologi di University of Nebraska Medical Center.
  4. Minum lebih banyak air
    Sepertinya kontradiktif, namun ahli kesehatan justru menganjurkan untuk lebih sering meminum air putih saat mengalami gemuk air ini. Ketika kamu terus-menerus mengalami dehidrasi, tubuh akan cenderung menahan lebih banyak air untuk mencegah kadar air menjadi terlalu rendah. Kamu sebaiknya cukup minum ketika merasa haus dan berhenti ketika sudah merasa terhidrasi dengan baik. Kamu juga harus minum sedikit lebih banyak di lingkungan yang panas, atau saat berolahraga dan menjalani aktivitas fisik lainnya.
  5. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan airnya
    Mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, hampir sama baiknya dengan minum air secara langsung. Makanan yang memiliki kandungan air tinggi membantu meningkatkan hidrasi seseorang secara keseluruhan. Semangka, bayam, stroberi, dan melon, di antara buah-buahan dan sayuran lainnya, semuanya mengandung banyak air. Makan makanan kaya kalium seperti tomat dan ubi jalar, juga dapat membantu tubuh menyingkirkan kelebihan garam.
Baca juga :  Inilah Buah yang Mampu mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa
Baca juga :  Ini 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Prostat

Itulah beberapa cara mudah dan cepat untuk menghilangkan gemuk air. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...