Home Gaya hidup Kesehatan Tak Sekedar Sehat, Ini Berbagai Manfaat Susu Untuk Si Kecil di Masa...

Tak Sekedar Sehat, Ini Berbagai Manfaat Susu Untuk Si Kecil di Masa Pertumbuhan

TELENEWS.ID – Sejak bayi, anak-anak mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu), sebagai sumber makanan mereka. Karena itulah ketika beranjak besar, banyak anak-anak yang sangat menggemari susu. Selain rasanya yang lezat, susu juga memiliki banyak manfaat dan kandungan nutrisi penting yang berguna bagi si buah hati di masa pertumbuhan mereka.

Peran susu bagi pertumbuhan anak
Susu memiliki peranan yang penting bagi tumbuh kembang sang buah hati. Ini karena susu memiliki banyak sekali nutrisi penting yang diperlukan oleh anak, terutama di masa pertumbuhan.

“Susu adalah bagian penting dari makanan anak karena kandungan nutrisinya untuk membantu mengembangkan tulang yang sehat, mengatur tekanan darah dan menjaga berat badan yang sehat,” kata Otoniel Santiago, seorang ahli Diet di Layanan Kesehatan Anak di Texas.

Beberapa peran susu untuk anak seperti:

  1. Membantu menguatkan tulang dan gigi
    Susu adalah sumber vitamin D dan kalsium yang dibutuhkan untuk tulang dan gigi anak. Dengan mengkonsumsi segelas susu setiap harinya, maka kebutuhan kalsium untuk anak bisa terpenuhi.
  2. Bermanfaat untuk mata, otot dan juga saraf
    Di masa pertumbuhan anak-anak membutuhkan banyak nutrisi untuk ketajaman mata, kekuatan otot dan juga kemampuan berpikir. Mereka membutuhkan Vitamin A untuk penglihatan yang baik, Vitamin B untuk sel darah merah dan saraf yang sehat, protein untuk energi dan perbaikan otot. Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam satu gelas susu.
  3. Mencegah obesitas
    Ada penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak yang minum susu memiliki berat badan yang stabil. Itu karena susu yang berprotein tinggi membuat anak merasa lebih kenyang, sehingga mereka tidak meminta makanan ringan atau minuman yang banyak mengandung gula dan lemak sebagai camilan.
  4. Membantu tubuh selalu terhidrasi
    Anak-anak akan aktif sekali di masa pertumbuhan mereka. Hal ini membuat mereka mudah sekali berkeringat dan kehilangan cairan tubuh. Selain air putih, anak-anak juga bisa mengkonsumsi susu untuk menjaga tubuh mereka selalu terhidrasi dengan baik.
  5. Membantu menjaga kesehatan jantung
    Jumlah kalsium yang tepat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada anak-anak. Para peneliti menyimpulkan bahwa konsumsi susu setiap hari mengurangi risiko aterosklerosis dan penyakit jantung. Magnesium dan kalium yang ada dalam susu berfungsi sebagai vasodilator yang mengatur suplai darah ke organ vital termasuk jantung.
Baca juga :  Tips Mudah Bebas Jerawat untuk Pemilik Kulit Wajah Sensitif, Wajib Dicoba!

Berapa banyak susu yang harus diminum anak?
Pada saat si kecil berusia 12 bulan, bunda dapat memberikan susu sapi atau susu formula pada mereka. Sedangkan anak-anak usia 2-8 tahun, U.S. Department of Agriculture merekomendasikan mereka untuk mengkonsumsi 2 cangkir susu setiap hari. Dan bagi anak-anak yang berusia 9 tahun keatas, setidaknya mengkonsumsi 3 cangkir susu setiap harinya.

Nutrisi dalam susu
Berikut ini adalah nutrisi yang terkandung dalam susu yang bermanfaat di masa pertumbuhan anak-anak:
• Vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata anak dan meningkatkan imun tubuh mereka
• Vitamin B2 (Riboflavin), membantu mengubah makanan menjadi energi
• Vitamin B12, membantu menjaga kesehatan sel darah merah dan sistem saraf
• Vitamin D, yang membantu menjaga kepadatan tulang
• Potasium, membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
• Fosfor, membantu dalam memperkuat tulang dan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas.
• Protein, berfungsi sebagai sumber energi dan juga membantu dalam memperbaiki jaringan otot anak.
• Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang sehat dan mengembangkan massa tulang yang kokoh.

Baca juga :  Tips Mudah Bebas Jerawat untuk Pemilik Kulit Wajah Sensitif, Wajib Dicoba!

Manfaat susu untuk tulang dan gigi anak
Sekitar 99% kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Susu adalah sumber nutrisi yang sangat baik yang diandalkan tubuh untuk menyerap kalsium, vitamin D, vitamin K, fosfor, dan magnesium. Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik, dengan rata-rata 300 miligram kalsium untuk segelas susu.

Kalsium sangat penting ketika anak-anak di masa pertumbuhan, terutama saat sekolah dasar dan remaja. Itu sebabnya anak-anak tidak pernah tidak membutuhkan susu. Justru semakin cepat mereka tumbuh, semakin banyak susu yang mereka butuhkan.

Kalsium sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi dan tulang. Sedangkan susu, mengandung hampir 30 persen kebutuhan harian untuk anak-anak. Jadi jangan lupa untuk selalu memberikan susu setiap hari untuk buah hati Anda di rumah ya bunda! (YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...