Home Hiburan Game Tak Sengaja, Awal Mula Terciptanya Game Tetris

Tak Sengaja, Awal Mula Terciptanya Game Tetris

TELENEWS.ID – Siapa yang tak tahu Tetris? Game yang mengharuskan pemainnya menyusun balok-balok geometris dengan berbagai bentuk dan sangat populer sejak puluhan tahun lalu di berbagai platform.

Tapi siapa sangka game tersebut tercipta dari ketidaksengajaan?

Pada 6 Juni 1984, Alexey Pajitnov yang merupakan insinyur perangkat lunak Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet di Moskow, Rusia (Uni Soviet) membuat rancangan sebuah game sederhana dengan tujuan menguji kemampuan Electronika 60, komputer model terbaru kala itu.

Terinspirasi dari game menyusun balok tiga dimensi berjudul ‘Pentomino’, Pajitnov pun menciptakan game dengan maksud mengharuskan pemain merangkai berbagai balok dua dimensi untuk memenuhi ruang kosong yang tersedia dengan rapi. Dan game tersebut memiliki tujuh jenis balok agar lebih sederhana.

Setelahnya, Pajitnov menamai game tersebut dengan ‘Tetris’, merupakan gabungan dari kata ‘Tetra’ (angka empat dalam bahasa Yunani) dan ‘Tenis’ (olahraga favorit Pajitnov).

Angka empat yang dimaksud adalah karena setiap keping Tetris terdiri dari empat buah bidang persegi.

Setelah diciptakan, game Tetris menjadi populer di kalangan programer yang memiliki akses ke komputer Electronika 60 meskipun tampilan visualnya masih seadanya. Karena itu, banyak pihak yang menyarankan Pajitnov merilis game Tetris di perangkat IBM PC yang memiliki grafis lebih baik.

Dengan bantuan Vadim Gerasimov yang kini bekerja di Google, Tetris diluncurkan pada tahun 1986 dan langsung populer di kalangan pengguna PC.

Ekspansi dan royalty yang tertunda

Karena tingginya peminat, Tetris menjadi game PC komersial di wilayah Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 1988.

Dengan bantuan Robert Steain yang merupakan karyawan dari perusahaan software asal Hungaria bernama Andromeda, Tetris bisa ekspansi ke luar Uni Soviet setelah menyelesaikan proses lisensi.

Baca juga :  Demi Cuan, Gamer Cantik Ini Terapkan Strategi Tanpa Pakaian

Meskipun dijual di luar negeri, ciri khas Uni Soviet tetap ada di game Tetris melalui ilustrasi kemasan bertema Kremlin dan aksara Cyrillic.

Melihat Tetris diminati oleh banyak kalangan, Henk Rogers yang merupakan pengembang game asal Belanda melihat Tetris tersebut cocok dimainkan di Game Boy, konsol game besutan Nintendo.

Rogers kemudian menawarkan kerjasama kepada pihak Nintendo America untuk merilis Game Boy yang termasuk game Tetris di wilayah Amerika Utara dan Eropa.

Lalu, Rogers terbang ke Uni Soviet untuk menemui Pajitnov dan mengurus lisensi game Tetris melalui lembaga yang mengatur ekspor software dan hardware buatan dalam negeri bernama Elorg (Electronorgtechnica).

Setelah segalanya selesai, game Tetris dirilis di Game Boy dan penjualannya mencapai 35 juta kopi. Namun meskipun game itu sangat laris, Pajitnov belum mendapat keuntungan sampai pertengahan 1990-an karena pengelolaan hak cipta Tetris sempat diberikan kepada pemerintah Uni Soviet melalui lembaga Elorg selama 10 tahun.

Baca juga :  Mantap Sultan! Pangeran Arab Saudi Habiskan Ratusan Juta untuk Battle Pass Dota 2

Dan pada 1995 saat kesepakatan berakhir, Pajitnov dan Rogers mendirikan Tetris Company pada 1996 di Amerika Serikat dan mendapatkan royalti dari game ciptaannya. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...