Home Travel Kuliner Tan Ek Tjoan; Roti Legendaris Dari Bogor

Tan Ek Tjoan; Roti Legendaris Dari Bogor

TELENEWS.ID – Siapa yang tak kenal roti yang satu ini. Ya, roti Tan Ek Tjoan adalah salah satu brand roti paling tua di negeri ini. Meskipun banyak produsen roti yang lebih modern dan revolusioner dan persaingan di dunia kuliner yang semakin ketat, namun merek roti ini masih bertahan hingga sekarang.

Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahwa roti Tan Ek Tjoan ini berasal dari Bogor. Awal berdirinya toko roti ini berlokasi di daerah Suryakencana oleh seorang anak muda yang bernama Tan Ek Tjoan pada tahun 1921 lampau. Pemuda keturunan Tionghoa ini membuka usaha roti di rumahnya yang cukup luas namun sederhana di Bogor.

Namun sang istri, Phoa Lin Nio, lah yang justru memiliki keahlian untuk membuat roti. Sementara Tan dibekali ilmu bisnis yang cukup mumpuni. Sebuah kombinasi yang sangat padu, tak ayal usaha roti ini berkembang dengan sangat cepat.

Toko Roti Tan Ek Tjoan di Suryakencana Bogor (kulinerfiesta.com)

Mulanya, konsumen roti Tan Ek Tjoan ini adalah orang-orang Belanda. Kala itu terdapat kesenjangan sosial antara warga Belanda, Tionghoa dan pribumi. Namun interaksi baik akhirnya tercipta berkat Tan Ek Tjoan yang mempekerjakan pribumi untuk menjajakan roti menggunakan gerobak dengan warga Tionghoa dan Belanda yang mengkonsumsinya.

Ketika Tan Ek Tjoan meninggal dunia pada tahun 1950an, Phoa Lin yang mengambil alih usaha tersebut. Sang istri pun melebarkan sayapnya dengan membuka bisnisnya di Cikini, Jakarta. Daerah tersebut dipilih oleh Phoa Lin karena dihuni oleh warga Belanda dan termasuk kawasan elit kala itu. Namun kini toko yang di Cikini sudah tutup pada pertengahan Februari 2015, dan pindah ke daerah Ciputat.

Kala Phoa Lin meninggal dunia pada tahun 1958, bisnis ini diteruskan oleh kedua anaknya yaitu Tan Bok Nio dan Tan Kim Thay. Tan Bok Nio memegang usaha yang ada di Jakarta sementara Tan Kim Thay melanjutkan bisnis kuliner yang ada di Bogor. Bisnis turun temurun ini semakin pesat perkembangannya mengingat Tan Kim Thay adalah lulusan ekonomi Belanda. Toko yang ada di Suryakencana akhirnya pindah ke daerah Siliwangi.

Baca juga :  Sigale-gale, Boneka Kayu Penuh Mistis di Samosir (Bag. 3)

Sebuah terobosan pun akhirnya dilakukan oleh kedua anaknya yaitu menggunakan jasa pedagang gerobak yang menjajakan roti secara keliling.

Jasa pedagang keliling bukanlah satu-satunya terobosan yang diciptakan oleh toko roti legendaris ini. Awalnya Tan Ek Tjoan hanya menyediakan roti gambang yang menjadi makanan pokok warga Belanda. Namun beberapa varian produk pun akhirnya dibuat mengingat masyarakat Indonesia yang mulai mengonsumsi roti ini.

Akhirnya roti bertekstur lembut pun diciptakan oleh Tan Ek Tjoan karena permintaan yang cukup banyak. Muncullah roti bimbam dengan tekstur yang sangat lembut. Dan kedua varian roti tersebut akhirnya menjadi kudapan favorit masyarakat.

Baca juga :  Wishnutama Kusubandio, Riwayatmu Dulu

Walaupun sudah melegenda, namun kuliner yang satu ini mematok harga yang sangat terjangkau. Dengan harga mulai dari Rp. 3,500 hingga Rp. 55,000, roti ini bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Bagi anda yang ingin bernostalgia menyantap roti yang sangat legendaris ini, anda bisa mampir ke tokonya atau membeli lewat pedagang yang menjajakan rotinya menggunakan gerobak. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...