Home Nasional Tanggal Cuti dan Libur Lebaran Resmi Diberikan Presiden, Jutaan Orang Diperkirakan Jalani...

Tanggal Cuti dan Libur Lebaran Resmi Diberikan Presiden, Jutaan Orang Diperkirakan Jalani Mudik

TELENEWS.ID – Pada Rabu (06/04/2022) kemarin, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan penetapan tanggal cuti bersama Lebaran 2022 menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Tanggal tersebut adalah 29 April dan 4, 5, 6 Mei 2022. Sedangkan libur lebaran ditetapkan pada 2 dan 3 Mei 2022.

Namun, keputusan ini belum dibuatkan secara resmi dalam keputusan kementerian, karena keputusan ini akan mengubah SKB 3 Menteri sebelumnya terkait dengan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022 yang sudah ditetapkan saat masa pandemi.

Pada masa pandemi yang diperkirakan masih panjang, cuti bersama belum dimasukan ke dalam SKB menteri karena masih ada larangan berpergian bagi seluruh masyarakat Indonesia. Selain penetapan tanggal libur lebaran, Presiden Jokowi juga memberikan persyaratan yang wajib dilaksanakan masyarakat yang ingin mudik untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Presiden Jokowi sendiri meyakini dan menyatakan sekitar 16% masyarakat Indonesia akan melakukan mudik ke sejumlah daerah. Prediksi transportasi yang digunakan juga sudah mulai di analisis untuk tetap menjaga kondusifnya keadaan dan mencegah lonjakan kasus Covid-19 pasca lebaran. Diperkirakan sebagian besar pemudik berasal dari kawasan Jabodetabek yang melakukan mudik ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama, presiden juga memerintahkan Kapolri, Panglima TNI dan Menteri Perhubungan untuk mulai mempersiapkan dan melakukan pengecekan menyeluruh untuk semua jalur mudik. Presiden berharap sudah tidak adanya penumpukan kendaraan di titik manapun untuk mudik tahun ini.

Selain menetapkan libur lebaran dan memberikan izin untuk masyarakat melakukan mudik, Presiden Jokowi juga memberikan izin resmi untuk seluruh umat muslim Indonesia melaksanakan sholat berjamaah di Masjid. Namun, Presiden meminta kepada seluruh masyarakat dan petugas di tempat umum untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Aturan lain yang ditetapkan presiden adalah untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak mengadakan open house atau buka bersama sepanjang bulan puasa.

Baca juga :  Hari ini, Positif Covid-19 di Indonesia Tembus Hampir 40 Ribu Orang

Berikut adalah rincian resmi jadwal cuti bersama lebaran 2022 yang dikutip dari CNN Indonesia.
• 29 April 2022 : Cuti Bersama
• 30 April – 1 Mei 2022 : Libur Sabtu-Minggu
• 2 – 3 Mei 2022 : Libur Lebaran
• 4 – 6 Mei 2022 : Cuti Bersama
• 7 – 8 Mei 2022 : Libur Sabtu-Minggu

Sejumlah masyarakat merayakan izin yang diberikan Presiden untuk melakukan mudik di tahun ini. Setelah 2 tahun larangan mudik di sejumlah daerah karena pandemi, masyarakat sangat antusias dengan dibukanya kembali izin mudik tersebut. Kumpul bersama keluarga pastinya sangat dirindukan seluruh masyarakat terutama perantau. Namun sejumlah netizen juga tidak lupa menyoroti dan mulai mengantisipasi lonjakan pemudik yang pasti terjadi tahun ini. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...

Panas! Isu Sponsor Ghaib Formula E!

TELENEWS.ID - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra meragukan validitas dari sponsorship untuk ajang Formula E. menurutnya, belum adanya pengumuman...