Home Nasional Tanggapan KIPP Indonesia Atas OTT KPK terhadap Bupati dan Ketua DPRD Kutai...

Tanggapan KIPP Indonesia Atas OTT KPK terhadap Bupati dan Ketua DPRD Kutai Timur

Bupati Kutai Timur ISM dan IstrinyA Ketua DPRD Kutai Timur (ist)


 TELENEWS.id, JAKARTA– Di tengah pandemik COVID-19 dan pro kontra pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2020, Komisi Pemberantasan Korupsi kembali melakukan Operasi tangkap tangan (OTT)  terhadap Bupati Kutai Timur dan Ketua DPRD Kutai Timur dan beberapa pejabat lainya dan pengusaha di Jakarta, dan Kalimantan Timur.  Penangkapan itu diduga terkait dengan dugaan suap untuk pelaksanaan proyek pekerjaan umum di Kutai Timur.


 Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, Kaka Suminta mengatakan, bahwa atas kejadian tersebut, KIPP Indonesia sangat menyayangkan jika apa yang diduga kan dalam OTT tersebut benar adanya.  Atas kejadian dugaan korupsi suap tersebut KIPP Indonesia memandang dan bersikap : 


1.  Penangkapan Bupati dan Ketua DPRD Kutai Timur adalah peristiwa yang sangat memprihatinkan karena  dilakukan di tengah pandemik COVID 19 yang seharusnya membuat kepala daerah fokus pada penanggulangan Pendemik ini, bukan malah melakukan dugaan tindak pidana korupsi.


2. Dari berita di media disebutkan bahwa  Bupati dan Keta DPRD Kutai Timur berstatus sami istri, hal ini sangat memalukan, selain menandakan adanya kolusi dan nepotisme di berbagai bidang selain korupsi yang bersama-sama dilakukan.


3. Pelaksanaan proyek-proyek embangunan atau anggaran pemerintah ternyata masih menjad ajang korupsi oleh pejabat yang seharusnya menjadi lokomotif pembangunan dan promotor dan contoh pejabat yang berintegritas dan anti korupsi
4. Dugaan korupsi suap dalam jumlah besar dalam tahapan pilkada di daerah mengindikasikan adanya kebutuhan pembiayaan kandidasi yang besar dan potensial menjadi ajang politik uang dalam berbagai bentuk.


5. Sampai saat ini penyelenggara pemilu termasuk Bawaslu lebih menitik beratkan pada asas legal formal atau prosedural dalam menjaga keadilan dan kualitas pilkada, tanpa ada upaya kuat untuk penguatan keadilan dan integritas pemilu secara substansial.

Baca juga :  Ketua Satgas Doni Monardo Kabarkan Dirinya Positif Covid-19


6. Keberadaan unsur Kepolisian dan Kejaksaaan dalam Gakumdu seharusnya mampu memperkuat keadilan dan kualitas demokrasi terutama dalam mencegah dan menangani pelanggaran pidana pemilu, khususnya politik uang dan penyalahgunaan wewenang.


7. Peritiwa OTT kepada pejabat di daerah ini merupakan peristiwa yang sudah berlangsung ratusan kali, seharusnya menjadi momentum untuk perbaikan pemerintahan di daerah melalui gerakan pemberantasan korupsi yang makin masif untuk menghadirkan pemerintahan daerah yang bersih dan berkualitas.

Diketahui, sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan, KPK telah menetapkan tujuh orang sebagai tersangka terkait dugaan korupsi proyek di Kabupaten Kutai Timur, Kalinantan Timur. 

Nawawi menyebutkan, tim operasi tangkap tangan (OTT) KPK awalnya hanya menangkap 16 orang yanh diamankan dari tempat berbeda, yakni di Jakarta, Samarinda dan Kutai Timur.


Diketahui, keenam belas  orang yang diamankan adalah berinisial ISM selaku Bupati Kutai Timur, EU selaku Ketua DPRD Kutai Timur, sekaligus istri dari ISM, ASW selaku Kepala Dinas PU, MUS selaku Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), AW selaku ajudan Bupati, DF staf Bapenda.

Baca juga :  DPRD Sumbar Bentuk Pansus untuk Telusuri Dugaan Penyelewengan Dana Covid-19

Selain itu, beberapa orang lain yang turut diciduk KPK diantaranya, AM selaku kontraktor, EMP staf AM, SUR Kepala BPKAD,ES selaku sales,MN selaku staf Dinas PU, ASR staf Dinas PU. (Panjaitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...