Home Gaya hidup Tanpa Disadari, Kamu Mungkin Telah Melakukan 6 Kesalahan Ini Saat Mencuci, Apa...

Tanpa Disadari, Kamu Mungkin Telah Melakukan 6 Kesalahan Ini Saat Mencuci, Apa Saja Itu?

Telenews.id- Mencuci pakaian menjadi salah satu pekerjaan rumah tangga sehari-hari yang dirasa cukup merepotkan bagi kebanyakan orang. Karena itulah kini banyak orang yang memilih menggunakan jasa laundry profesional untuk mencuci pakai kotor mereka.

Akan tetapi masih banyak juga orang-orang yang memilih untuk mencuci sendiri pakaian kotor mereka di rumah. Selain alasan lebih hemat, mencuci sendiri membuat pemilik pakaian tahu betul mana baju yang membutuhkan perawatan ekstra dan mana yang tidak.

Akan tetapi rupanya mencuci sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sayangnya banyak orang yang mengabaikan fakta bahwa tak semua busana bisa dicuci dengan cara yang sama satu dengan lainnya. Sebagai akibatnya, busana yang mereka miliki jadi memudar warnanya, rusak, menciut bahkan ada yang tidak bersih sama sekali.

Rupanya mungkin selama ini kamu tidak menyadari telah melakukan beberapa kesalahan mencuci berikut ini, yang justru mengakibatkan kerusakan pada koleksi busana, seperti:

  1. Kamu memakai detergen terlalu banyak
    Mungkin selama ini kamu berfikir bahwa semakin banyak detergen yang digunakan, maka akan semakin bersih pula pakaian yang kamu cuci. Faktanya menggunakan terlalu banyak detergen justru akan membuat busa ekstra yang tidak sepenuhnya hilang saat membilas pakaian. Busa ekstra ini akhirnya meninggalkan residu lengket yang menarik lebih banyak kotoran, debu, dan bakteri.
  2. Tidak menutup ritsleting
    Inilah salah satu kesalahan mencuci yang kerap diabaikan oleh banyak orang. Saat mencuci kebanyakan dari kita membiarkan ritsleting terbuka begitu saja. Padahal ritsleting memiliki gigi bergerigi yang dapat merobek kain lain di mesin cuci. Untuk mencegah kerusakan pada pakaian lain, luangkan waktu untuk menutup semua ritsleting sebelum dicuci.
  3. Kamu mencampurkan pakaian begitu saja
    Kita mungkin tahu bahwa pakaian yang mudah luntur, tak boleh dicuci bersamaan dengan pakaian yang berwarna putih. Namun tahukah kamu bahwa kamu juga sebaiknya memisahkan baju dan celana yang kamu cuci sesuai dengan bahan dan beratnya? Pisahkan barang yang lebih berat, seperti jeans dan sweater, dari blus ringan dan kemeja untuk mencegah abrasi dan kerusakan pada kain yang lebih halus. Selain itu, selalu cuci handuk, seprei, dan barang-barang besar lainnya terpisah dari pakaian.
  4. Kamu mengancingkan baju sebelum dicuci
    Mungkin kamu berfikir dengan mengancingkan baju, maka akan membuat pekerjaan melipat pakaian menjadi lebih mudah. Namun mengancingkan baju sebelum dicuci, justru akan merusak busana yang kamu miliki. Tidak seperti barang dengan ritsleting, kemeja berkancing harus dibiarkan tidak dikancing saat dicuci. Ini membantu menjaga agar baju tidak mudah sobek di bagian lubang kancing, dan melindungi benang kancing agar tidak tertarik dan terlepas saat dicuci.
  5. Kamu menggosok noda kotoran dengan kuat
    Selama ini kamu mungkin mengira dengan menggosok noda atau kotoran dengan keras, akan membuat proses mencuci menjadi mudah. Nyatanya menggosok noda atau kotoran dengan keras bisa mengakibatkan kerusakan pada koleksi busana yang kamu miliki. Sebaiknya rendamlah terlebih dahulu baju atau celana yang memiliki kotoran atau noda membandel. Setelah beberapa lama, noda tersebut akan memudar sehingga kamu jadi mudah membersihkan pakaian tanpa harus menggosok dengan terlalu keras.
  6. Kamu jarang membersihkan mesin cuci
    Mesin cuci yang jarang dibersihkan juga akan berakibat kurang baik pada busana yang kita miliki. Karena selama ini digunakan untuk mencuci, tentu saja banyak kotoran dan bakteri yang mengendap di mesin cuci milikmu. Jika kamu jarang membersihkannya dan malah terus menerus menggunakan mesin cuci, maka baju yang kamu pakai tak akan bersih dengan sempurna dan justru bisa menjadi sarang penyakit dan bakteri. (Yuyun)
Baca juga :  PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Kembali Sekolah
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...