Home Ekonomi Tarik Investor Asing, Menteri Bahlil Janji Sediakan Tanah Murah

Tarik Investor Asing, Menteri Bahlil Janji Sediakan Tanah Murah

TELENEWS.ID – Kendati baru diangkat sebagai Menteri Investasi, Bahli Lahadalia rupanya telah menyiapkan sejumlah langkah guna menarik investor asing untuk menanamkan modal mereka di Indonesia, salah satunya dengan menjanjikan tanah lahan dengan harga murah untuk perusahaan sang investor di nusantara.

Pernyataan tersebut disampaikan Bahlil di sela acara Indonesia Investment Forum 2021 bersama KBRI London pada hari Kamis (27 Mei) silam. “Saya jamin, tanah di sini murah, clear and clean. Pemerintah di bawah Kementrian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan bantu bapak dan ibu semua” tutur Bahlil lugas.

Klaim Bahlil itu didukung pula dengan fakta bahwa Indonesia saat ini tengah menyiapkan sebuah kawasan industri terpadu berskala besar di Jawa Tengah, yakni Kawasan Industri Batang. Disebut Bahlil, kawasan tersebut akan berada di ‘segitiga emas’, karena ditunjang fasilitas infrastruktur yang akan memanjakan para investor, mulai dari jalan tol, bandara, pelabuhan hingga jalur kereta api.

Bahlil juga mempersilahkan para investornya untuk menanam modalnya di Indonesia serta tidak takut dengan izin yang berbelit. Pasalnya, pemerintah siap mengurus izin hingga tanah yang dibutuhkan berada di bawah kuasa investor.

“Silakan investor bawa teknologi, bawa capital, bawa sebagian modal. Nanti izinnya, lokasi industrinya, biar Negara yang akjan ikut hadir untuk mengurusnya. Ini akan jadi kerjasama yang baik antara pelaku usaha dan pemerintah” cetus Bahlil.

Sementara, proyek investasi internasional terdekat yang segera terealisasikan adalah pembangunan fasilitas smelter / peleburan di Papua. Smelter itu nantinya juga akan dimanfaatkan untuk mengolah hasil tambang PT Freeport Indonesia. “Investornya sudah ada, paling lambat di awal 2022 sudah bisa berjalan” tukas Bahlil.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, BKPM telah menjalin kerjasama dengan China ENFI Engineering Corporation. Lewat kemitraan tersebut, BUMN asal China itu akan menggarap proyek fasilitas peleburan / smelter di Papua.

Baca juga :  Indonesia Masih Menjadi Lahan Investasi Menggiurkan

Lebih lanjut, Bahlil menjelaskan bahwa adanya smelter merupakan mimpi sebagian besar warga Papua sejak dirinya duduk di bangku SMP. Ia pun bersyukur bisa menemukan investor yang bersedia untuk melaksanakan pembangunan smelter tembaga tersebut, yang bahan bakunya berasal dari pabrik Freeport. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...