Home Olah Raga Tatap PON Papua, Atletik Sumbar Wajib Pertahankan Tradisi Emas

Tatap PON Papua, Atletik Sumbar Wajib Pertahankan Tradisi Emas

TELENEWS.ID – Atletik menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu mengangkat marwah kontingen Sumatera Barat (Sumbar) pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat pada 2016 lalu. Dua medali emas berhasil disumbangkan atletik untuk membantu Tuah Sakato finish di peringkat 11 dengan perolehan 14 medali emas, 10 medali perak, dan 20 medali perunggu.

Dua medali emas cabor atletik itu disumbangkan oleh sprinter andalan Sumbar, Yaspi Bobi di nomor 100 meter dan 200 meter. Dia dipastikan masih jadi andalan atletik untuk dapat mendulang medali emas.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar Sengaja Budi Syukur mengatakan pihaknya optimis mampu mempertahankan tradisi emas PON yang diraih pada pelaksanaan pesta olahraga terbesar di Indonesia pada masa sebelumnya. 

“Pada PON XIX tahun 2016 di Jawa Barat, atletik menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Sumbar. Dua emas tersebut, disumbangkan oleh sprinter putra Sumbar Yaspi Bobi di nomor 100 dan 200 meter,” kata dia.

Menurut Budi, pada PON Papua 2021 Sumbar ada sembilan atlet atletik Sumbar yang siap tampil membela panji-panji Sumatera Barat. Mereka akan turun di 11 nomor perlombaan. 

“Sebagai cabang olahraga terukur, atletik tak ragu menetapkan target. Semuanya sudah kami kantongi termasuk capaian-capain calon lawan di nomor-nomor yang akan diikuti atlet kita,” kata dia.

Untuk pengembangan ke depan, Budi mengaku punya sentra-sentra pembinaan yang sudah kian merata di Sumatera Barat. Jika sebelumnya hanya menonjol beberapa daerah saja, seperti Kabupaten Lima Puluh Kota, saat ini pembinaan atletik kian bersinar di sejumlah daerah, seperti Pasaman, Kota Solok dan Padang sendiri. 

Kontingen Sumbar Ditargetkan Tembus 10 Besar

Baca juga :  Anggaran Senilai Rp237 Miliar Dibutuhkan untuk Penyedotan Sedimentasi Danau Maninjau

Kontingen Sumbar yang akan tampil pada perhelatan PON Papua 2021 nanti ditargetkan untuk dapat meraih 16 medali emas sekaligus menembus 10 besar di klasemen akhir. Untuk memotivasi para atlet yang akan tampil, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menjanjikan bonus

“Saya optimis semua cabang olahraga (Cabor) akan bisa memberikan yang terbaik bagi kontingen Sumbar nanti. Kita targetkan minimal 16 medali emas dan maksimalnya sebanyak banyaknya medali emas,” sebut Mahyeldi.

“Saya yakin dan percaya para atlet akan bekerja sekeras mungkin menjaga dan memberi kehormatan untuk Provinsi Sumbar. Saya berharap target-target yang disusun bisa tercapai bahkan bisa melebihi target,” tambah dia. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...