Home Teknologi Teknologi Ini Bisa Deteksi Politikus Yang Main Ponsel Saat Sidang

Teknologi Ini Bisa Deteksi Politikus Yang Main Ponsel Saat Sidang

TELENEWS.ID – Kita mungkin tidak asing ketika mendengar atau membaca berita tentang politikus yang tidak fokus saat sidang karena bermain ponsel.

Ternyata hal semacam itu juga pernah terjadi di luar negeri sekitar dua tahun lalu, tepatnya di Belgia.

Seorang politikus bernama Jan Jambon tertangkap kamera sedang main Angry Birds di ponselnya ketika sidang berlangsung. Alhasil, kejadian itu memicu kemarahan publik.

Terinspirasi dari politikus yang bermain-main dalam sidang kenegaraan, seorang seniman digital berkebangsaan Belgia bernama Dries Depoorter meluncurkan teknologi yang bisa memantau para politikus yang sedang bermain ponsel saat sidang atau rapat.

Dilansir dari mashable.com pada Minggu (11/7/2021), teknologi yang dimaksud merupakan AI (artificial intelligence) yang diberi nama ‘The Flemish Scrollers’.

Teknologi tersebut mampu menganalisis wajah para politikus yang memainkan ponsel di tengah sidang.

Cara kerjanya adalah sistem yang diciptakan Depoorter akan memantau pelaksaan sidang pemerintah Belgia yang disiarkan melalui kanal YouTube, lalu menilai berapa lama para politikus melihat ponsel saat sidang atau rapat berlangsung.

Jika AI mendeteksi politikus tidak fokus saat sidang dan memainkan ponsel, maka teknologi itu akan mengidentifikasi profil politikus itu sekaligus menampilkan username akunnya.

Teknologi AI itu juga mampu memantau status baterai ponsel yang digunakan oleh politikus yang dimaksud.

Hal itu ditegaskan oleh akun Instagram @theflemishscrollers: “Ketika live streaming berlangsung, software akan mencari ponsel aktif dan mengidentifikasi politisi. Itu semua berkat dukungan AI dan face recognition.”

Kemudian video tersebut akan diunggah di media sosial dan secara otomatis menandai atau men-tag akun politikus yang dimaksud.

Jika sidang atau rapat berlangsung secara offline, software akan mengidentifikasi para politisi melalui video lain yang diunggah.

Baca juga :  Perusahaan Media Sosial Berkomitmen Pentingkan Keamanan Pengguna Wanita

Sementara itu, politikus yang tertangkap tidak fokus karena sedang memainkan ponsel akan ditegur melalui bot dengan bahasa yang sopan.

Sedangkan untuk melihat video-video yang telah diunggah bisa disaksikan di akun Instagram @theflemishscrollers dan Twitter @flemish

Walaupun agak kontroversial, teknologi semacam itu tetap menjaga privasi politikus karena tidak bisa melihat isi ponsel dan mereka hanya diberi peringatan saat tidak fokus dalam sidang karena membuka ponsel. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...